Kamis | 19 Mei 2022 |
×

Pencarian

PARIWISATA

Sambut Libur Panjang Hari Raya Idul Fitri, Sejumlah Wisata di Lereng Gunung Merapi Dibuka

MEDIAKEPRI.CO.ID, Sleman – Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman melakukan pembukaan kembali sejumlah destinasi wisata yang ada di lereng Gunung Merapi.

Pembukaan didasari penurunan daerah potensi bahaya dan menyambut libur panjang Hari Raya Idul Fitri 2022.

Kepala Dispar Sleman, Suparmono, sudah pula mengeluarkan Surat Edaran terkait. Ia menerangkan, penurunan potensi bahaya aktivitas Gunung Merapi diterapkan ke Kalurahan Glagaharjo, Kepuharjo dan Kalurahan Umbulharjo di Kapanewon Cangkringan.

Destinasi wisata yang dibuka lagi ada Bukit Klangon, Bunker Kaliadem, Petilasan Mbah Maridjan (Kinahrejo), Wisata Religi Turgo dan Jip Wisata Lava Tour.

Dibuka dengan syarat pengelola melakukan pendampingan petugas SAR selama operasional.

“Serta, memiliki prosedur tetap penanganan kondisi darurat erupsi Gunung Merapi, berkonsultasi dengan BPBD Kabupaten Sleman,” kata Suparmono, Kamis, 14 April 2022.

Suparmono mengungkapkan, narasi positif ini muncul mengingat pada libur Natal dan Tahun Baru 2021 saja ada pengaruh yang sangat besar ke sektor pariwisata.

Padahal, kala itu libur tidak terlalu panjang ditambah masih kondisi pandemi.

Belum lagi, ia mengingatkan, saat ini sebagian besar masyarakat sudah mendapat vaksin tahap satu dan tahap dua, ditambah tahap tiga atau booster.

Sehingga, masing-masing destinasi sudah siaga menyiapkan pelayanan menyambut wisatawan.

“Nataru yang tidak begitu lama saja pengaruh sudah begitu besar, apalagi besok,” kata Suparmono. (***)

Sumber: republika.co.id