Kamis | 19 Mei 2022 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Tips Mengenali Penyebab dan Mengatasi Sakit Kepala saat Berpuasa

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Keluhan paling umum yang dirasakan saat menjalani puasa Ramadhan ialah sakit kepala. Dan umumnya mereka akan merasa lelah dan kesal karena tak bisa minum obat pereda nyeri.

Rasa sakit kepala saat puasa biasanya disebabkan karena beberapa hal.

Di antaranya tekanan darah tinggi atau rendah, gula darah rendah akibat puasa, dehidrasi, minum terlalu banyak kafein sebelum puasa, anemia dan sinus.

Untuk menghindari sakit kepala ini, ada beberapa tips yang ampuh seperti dikutip sindonews dan dilansir dari Egypt Independent, Sabtu, 9 April 2022.

  1. Hindari makan berlebihan saat berbuka puasa. Ini akan menarik sirkulasi darah ke perut Anda, dan hasilnya akan menjadi sakit kepala yang mengganggu.
  2. Jika Anda menderita sakit kepala sebelum berbuka puasa, dianjurkan untuk makan kurma untuk berbuka. Ini karena baik di perut dan memiliki jumlah gula yang tepat untuk memulihkan kekuatan tubuh Anda.
  3. Minum air putih sangat penting setelah buka puasa. Jadi dari waktu buka puasa hingga sahur, penting untuk minum air putih yang cukup dan hindari minuman bersoda dan kafein.
  4. Jangan begadang, lalu bangun pagi untuk berangkat kerja. Tentu saja Anda akan mengalami sakit kepala. Pergi tidur waktu yang tepat, membuat badan jadi segar di pagi hari.
  5. Sahur tidak boleh dilewatkan, tetapi Anda harus menghindari makan berlebihan.
  6. Jika puasa dan sakit kepala, rendam kaki Anda dalam air hangat, taruh sesuatu yang dingin di belakang kepala Anda, dan istirahatkan mata Anda sebentar. Anda akan merasa jauh lebih baik setelah itu. (***)