mediakepri
Selasa, 19 Maret 2024 |
×

Selasa, 19 Maret 2024

RIAU

Koramil Sabak Auh Aktif Patroli Pencegahan Karlahut

| Jumat | 20 Mei 2022 | 10:24 | Tidak ada komentar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Siak — Koramil 06/Pwk Sabak Auh, Kodim 0322/Siak, aktif melakukan patroli pencegahan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di wilayah Desa Belading, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Jumat, 20 Mei 2022.

Patroli tersebut dilakukan oleh Babinsa Belading, Koptu M. Khadafi bersama Masyarakat Peduli Bencana (MPB) dalam rangka memantau titik api (hot spot) dan hal-hal lain yang dapat mengakibatkan karlahut.

“Kami pantau hot spot dan hal-hal lain yang dapat mengakibatkan karlahut. Ini merupakan upaya pencegahan,” ujar M. Khadafi.

Pada kesempatan tersebut, M. Khadafi juga mengingatkan agar para pemanfaat lahan tidak membuka lahan dengan membakar, apalagi lahan Gambut.

“Lahan Gambut sangat mudah terbakar. Sedikit saja ada api, bisa mengakibatkan kebakaran yang sulit dipadamkan. Maka itu, jangan bakar lahan dan hutan, jagalah kelestariannya demi anak cucu ke depan,” ungkap M. Khadafi.

M. Khadafi juga mengimbau agar warga cepat melaporkan kepada Babinsa maupun instansi terkait lainnya, jika menemukan hot spot maupun mendapati ada oknum-oknum yang membakar lahan dan hutan sehingga dapat cepat ditindak lanjuti.

“Mari tingkatkan kerja sama dan koordinasi agar kawasan ruang terbuka hijau di wilayah kita dapat selalu terjaga kelestariannya dari kebakaran. Mudah-mudahan dengan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestariannya, kawasan bebas karlahut akan tercipta,” pungkasnya.

Patroli berjalan tertib dan lancar. Selama kegiatan berlangsung, keadaan lahan dan hutan aman dan kondusif. (juny)