Kamis | 19 Mei 2022 |
×

Pencarian

RIAU

Koramil Sabak Auh Pantau Kawasan Rawan Terbakar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Siak – Koramil 06/Pwk Sabak Auh, Kodim 0322/Siak, melakukan pemantauan hot spot (titik api) di kawasan lahan dan hutan yang rawan terbakar yang ada di Wilayah Desa Sabak Permai, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Jumat, 06 Mei 2022.

Kegiatan itu dilakukan oleh Babinsa Sabak Permai, Serka Yuswan bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) dan warga setempat sembari melaksanakan patroli pencegahan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di wilayah teritorialnya.

“Kami pantau kawasan yang rawan terbakar dari kemungkinan adanya hot spot (titik api). Tujuannya, kalau seandainya ada, dapat cepat ditindak lanjuti sebelum menjadi bencana,” ujar Yuswan.

Pada kesempatan tersebut, Yuswan juga mengingatkan kepada warga agar tidak membakar lahan maupun hutan yang ada, apalagi lahan Gambut.

“Lahan Gambut sangat mudah terbakar. Maka itu, jangan dibakar, karena dapat mengakibatkan kebakaran yang sulit dipadamkan dan dikendalikan. Selain itu, membakar lahan dan hutan ada sanksi hukumnya. Manfaatkan lahan dan hutan dengan cara yang baik dan benar,” ungkap Yuswan.

Selanjutnya, Yuswan menyampaikan kepada masyarakat khususnya para oemanfaat lahan dan hutan agar dapat meningkatkan koordinasi dan kerja sama guna mencegah terjadinya karlahut.

“Mari kita tingkatkan kerja sama dan jalin koordinasi dengan saling berperan aktif dalam mencegah terjadinya karlahut di wilayah Desa Sabak Permai ini,” pungkasnya.

Pelaksanaan kegiatan berjalan aman dan kondusif. Selama kegiatan berlangsung, tidak ditemukan adanya titik api maupun tanda-tanda berbahaya yang bisa mengakibatkan karlahut. (juny)