Minggu | 27 November 2022 |
×

Pencarian

ADVETORIAL

Ketua Komisi I DPRD Natuna Hadiri Pengoperasian Gedung Sentra IKM oleh Bupati Natuna

MEDIAKEPRI – Bupati Natuna, Wan Siswansi meresmikan pengoprasian Gedung Sentra industri kecil menengah (IKM) yang akan menjadi pusat pengolahan hasil laut Natuna. Senin 22 Agustus 2022.

Pasar Sentra merupakan bagian dari program Disperindag untuk memaksimalkan potensi hasil laut Natuna dengan mengelola menjadi produk yang memiliki nilai tambah. Gedung Sentra terdiri dari 2 unit yaitu Gedung Sentra Ikan Salai dan Sentra Kerupuk Atom.

Masing-masing Gedung memiliki 4 unit produksi yang terdiri dari ruang bahan baku, ruang produksi, ruang kemasan yang dirancang sesuai dengan alur produksi, serta dilengkapi dengan mesin produksi yang modern.

Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Arismunandar berfoto bersama dengan Bupati Natuna dan pimpinan FKPD

Masing-masing rumah produksi diperkirakan akan memproduksi 100 s.d 200 kg perhari. Selain bekerjasama dengan UMKM, Disperindag juga melibatkan sekolah kelautan untuk menjadikan sentra IKM dapat menjadi wadah edukasi bagi pelajar untuk mengembangkan kemampuannya di bidang kelimuan bisnis.

Pada kesempatan itu, Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan pengoperasian Sentra IKM ini merupakan bagian dari usaha pemerintah untuk membangkitkan ekonomi masyarakat Kabupaten Natuna.

“Dengan ditetapkan Sentra IKM sebagai pasar oleh oleh, kita harap mampu menjadi tonggak berkembangnya industri-industri kecil. Kami berharap para pelaku usaha dapat memaksimalkan pasar ini untuk mengembangkan usaha sekaligus untuk mempromosikan kekayaan produk dan kuliner yang ada di Natuna,” Jelas Wan Siswandi.

Bupati Natuna bersama Kadis Perindagkopum

Ia menambahkan, ditempat yang sama akan segera dibangun pasar ikan dan pasar sayur, sehingga pusat perbelanjaan dapat dipusatkan di satu tempat.

”Nantinya di tempat ini rencananya akan kita bangun gedung untuk pasar ikan dan sayur. Sehingga pusat perbelanjaan berada di satu tempat, selain itu kita juga melihat kondisi pasar lama sudah sangat menumpuk. Sehingga pemerintah akan merencanakan pemindahan ketempat yang lebih layak dan bersih,” tambah Bupati.

Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Arismunandar menyambut baik kehadiran sentra industry tersebut sebagai upaya nyata pemerintah dalam meningkatkan perekonomian pelaku UMKM.

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasati gedung Sentra IKM lalu dilanjutkan dengan pembukaan papan nama Sentra IKM dan ditutup dengan proses tepung tawar. Lalu dilanjutkan dengan peninjauan gedung baru Sentra IKM. (dani)