Minggu | 02 Oktober 2022 |
×

Pencarian

RIAU

Aktif Patroli, Koramil Sabak Auh Ajak Warga Cegah Karlahut

MEDIAKEPRI.CO.ID, Siak — Koramil 06/Pwk Sabak Auh, Kodim 0322/Siak, aktif melakukan patroli pencegahan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di wilayah Desa Sabak Permai, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Kamis, 22 September 2022.

Patroli tersebut dilakukan oleh Babinsa Sabak Permai, Serka Yuswan bersama masyarakat setempat dalam rangka mengajak warga untuk bersama-sama mencegah terjadinya karlahut.

“Kami ajak warga untuk mencegah karlahut dengan bersama-sama melakukan pemantauan hot spot dan hal-hal lain yang dapat mengakibatkan kebakaran. Ini merupakan upaya pencegahan,” ujar Yuswan.

Pada kesempatan tersebut, Yuswan juga mengingatkan agar para pemanfaat lahan tidak membuka lahan dengan membakar, apalagi lahan Gambut.

“Lahan Gambut sangat mudah terbakar. Sedikit saja ada api, bisa mengakibatkan kebakaran yang sulit dipadamkan. Maka itu, jangan bakar lahan dan hutan, jagalah kelestariannya demi anak cucu ke depan,” ungkap Yuswan.

Yuswan juga mengimbau agar warga cepat melaporkan kepada Babinsa maupun instansi terkait lainnya, jika menemukan hot spot maupun mendapati ada oknum-oknum yang membakar lahan dan hutan sehingga dapat cepat ditindak lanjuti.

“Mari tingkatkan kerja sama dan koordinasi agar kawasan ruang terbuka hijau di wilayah kita dapat selalu terjaga kelestariannya dari kebakaran. Mudah-mudahan dengan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestariannya, kawasan bebas karlahut akan tercipta,” pungkasnya.

Patroli berjalan tertib dan lancar. Selama kegiatan berlangsung, keadaan lahan dan hutan aman dan kondusif. (juny)