Kamis | 01 Desember 2022 |
×

Pencarian

ADVETORIAL

APBD Perubahan Natuna Tahun 2022 Focus Selesaikan Hutang Rp135,47 Milyar

MEDIAKEPRI – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Natuna tahun 2022 telah disahkan dalam sidang paripurna bersama DPRD Natuna, Jum’at 16 September 2022.

Bupati Natuna Wan Siswandi saat menyampaikan Nota Keuangan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan tahun 2022 mengatakan bahwa, perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah Natuna tahun 2022 dilaksanakan dengan mempertimbangkan dinamika perekonomian terkini. Hal ini dipengaruhi oleh konflik geopolitik Ukraina sebabkan melonjaknya harga minyak dunia.

“Karena hal tersebut, juga berpengaruh pada perubahan struktur APBN, dengan meningkatnya subsidi dan kompensasi energi sebesar Rp502 triliyun,” terangnya.

Bupati Natuna dan Sekda Natuna saat menyerahkan dokumen kepada Ketua DPRD Natuna

Hal tersebut tentu berpengaruh juga pada APBD Natuna yang masih bergantung pada dana bagi hasil dari pemerintah pusat. Oleh karena itu, pemerintah daerah kabupaten Natuna menyampaikan perubahan APBD sebesar 1,097 triliun rupiah.

“Ini sudah termasuk menyelesaikan hutang tahun 2021 sebesar 135,47 miliar,” terangnya lagi dihadapan pimpinan dan anggota DPRD Natuna.
Selanjutnya, kata Wan Siswandi, belanja dijadikan menjadi dua kelompok yaitu belanja operasi sebesar Rp. 771,70 miliar dan belanja belanja modal sebesar 216,52 miliar.

Beberapa Kepala OPD hadir dalam rapat di DPRD Natuna

“Untuk belanja tidak terduga 3,25 miliar rupiah dan untuk belanja transfer sebesar 106 milyar rupiah,” pungkasnya. (Dani)