Minggu | 02 Oktober 2022 |
×

Pencarian

RIAU

Pantau Kawasan Rawan Terbakar, Serda Irvan Sulaiman : Ini Upaya Antisipasi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Meranti — Koramil 02/Tebing Tinggi, Kodim 0303/Bengkalis, aktif memantau titik api (hot spot) di kawasan yang rawan terbakar yang ada di wilayah binaannya.

Pemantauan dilakukan oleh Serda Irvan Sulaiman bersama perangkat desa dan masyarakat setempat di kawasan lahan dan hutan di Wilayah Desa Alahair Timur, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa, 20 September 2022.

“Kami pantau hal-hal yang dapat mengakibatkan kebakaran lahan dan hutan seperti hot spot. Ini upaya untuk mengantisipasi karlahut,” ujar Irvan.

Irvan mengatakan bahwa didampingi perangkat desa dan warga tempatan, dirinya juga mengingatkan agar masyarakat khususnya para pemanfaat lahan tidak membuka lahan dengan membakar, apalagi membakar di atas lahan Gambut.

“Jangan bakar lahan dan hutan, apalagi lahan Gambut. Sangat mudah terbakar dan sulit di padamkan, selain itu juga ada sanksi hukumnya,” tegas Irvan.

Lalu Irvan juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi dengan cepat melaporkan kepada pihaknya maupun instansi terkait lainnya, jika menemukan hot spot maupun mendapati ada oknum-oknum yang membakar lahan dan hutan sehingga dapat segera ditindak lanjuti guna mencegah kebakaran.

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan tersebut, karlahut di wilayah binaan dapat diantisipasi dan dicegah dengan maksimal.

Pelaksanaan kegiatan berjalan tertib dan lancar, keadaan lahan dan hutan aman dan kondusif. (juny)