Minggu | 02 Oktober 2022 |
×

Pencarian

RIAU

Pantau Titik Api, Koramil Tebing Tinggi Patroli Karlahut

MEDIAKEPRI.CO.ID, Meranti — Jajaran Koramil 02/Tebing Tinggi, Kodim 0303/Bengkalis, melakukan pemantauan titik api di kawasan lahan dan hutan di wilayah Desa Tanjung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Sabtu, 17 September 2022.

Pemantauan dilakukan oleh Babinsa Tanjung, Serda Muslim bersama pihak Damkar dan warga setempat dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karlahut).

“Kami lakukan pemantauan untuk mengantisipasi terjadinya karlahut. Kalau ada titik api, akan cepat kita tindak lanjuti sebagai upaya pencegahan. Ini untuk menjaga kelestarian lahan dan hutan yang ada,” ungkapnya.

Selanjutnya Muslim mengatakan, bersama jajaran Damkar, dirinya juga memberikan edukasi kepada warga tentang bahaya karlahut dan manfaat hutan terhadap kelangsungan hidup umat manusia.

“Hutan sangat penting bagi kehidupan umat manusia, menjaga kelestariannya merupakan tanggung jawab kita bersama. Maka itu jangan bakar lahan dan hutan yang ada. Di samping bisa mengakibatkan karlahut juga ada sanksi hukumnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Muslim mengatakan hendaknya semua masyarakat dapat meningkatkan kerja sama dan koordinasi terkait pencegahan karlahut.

“Laporkan segera jika ada titik api atau jika menemukan ada oknum yang membakar lahan dan hutan agar bisa cepat ditindak lanjuti sebelum menjadi bencana,” pungkasnya. (juny)