Sabtu | 26 November 2022 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Pantau Karlahut, Koramil Bukit Batu Giat Patroli dan Sosialisasi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis — Koramil 05/Bukit Batu, Kodim 0303/Bengkalis, giat patroli pantau kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di kawasan rawan terbakar yang ada di wilayah binaannya.

Patroli kali ini dilakukan bersama masyarakat setempat di wilayah Desa Tenggayun, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis, Sabtu, 01 Oktober 2022.

“Kami pantau kawasan rawan terbakar dari kemungkinan adanya hot spot (titik api) dan hal lainnya yang dapat mengakibatkan karlahut,” ujar Babinsa Tenggayun, Sertu Velky.

Velky menjelaskan, jika ditemukan ada hot spot maupun hal lainnya, akan segera ditindak lanjuti sebelum menjadi bencana.

Selama patroli berlangsung, lanjutnya, dilakukan juga sosialisasi
kepada warga tentang hal-hal yang sapat mengakibatkan karlahut serta sanksi hukumnya.

“Kami ingatkan warga agar tidak membakar lahan maupun hutan yang ada, apalagi lahan Gambut, karena dapat mengakibatkan karlahut dan ada sanksi pidananya,” ungkap Velky.

Mudah-mudahan, masyarakat dapat meningkatkan kerja sama dan koordinasi sehingga karlahut dapat dicegah secara lebih maksimal.

“Alhamdulillaah, tidak ditemukan hot spot maupun pihak-pihak yang sengaja membakar lahan dan hutan yang ada. Mudah-mudahan upaya untuk menjaga kelestarian lahan dan hutan dari kebakaran akan terwujud seiring terciptanya kawasan bebas karlahut,” pungkas Velky. (juny)