Sabtu | 26 November 2022 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Prodi AKP Polbeng Gelar Kuliah Praktisi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis — Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Akuntansi Keuangan Publik (AKP) Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) menggelar kuliah praktisi dengan tema ‘’Peran Inspektorat dalam Pengawasan Keuangan Daerah’’ pada Selasa, 04 Oktober 2022 di Mini Conference, Gedung Kuliah Terpadu (GKT) 1 Polbeng, Jalan Bathin Alam, Bengkalis.

Narasumber kegiatan merupakan Inspektur Pembantu IV Inspektorat Daerah Kabupaten Bengkalis. Febriman Durya dengan para peserta sebanyak 90 mahasiswa semester 3 Prodi AKP Polbeng.

Dalam sambutannya, Direktur Polbeng, Johny Custer, mengatakan bahwa Pendidikan Vokasi haruslah bersinergi dengan industri.

Untuk Prodi Akuntansi Keuangan Publik, lanjutnya, industri yang terdekat adalah pemerintah.

‘’Sinergi perguruan tinggi dengan industri merupakan salah satu wujud link & match, dalam upaya agar lulusan dari perguruan tinggi punya pengetahuan baik secara teoritis maupun praktis sehingga mereka nantinya akan memiliki kompetensi yang lebih mumpuni melalui kuliah praktisi ini. Apalagi untuk Prodi Akuntansi Keuangan Publik salah satu industri yang terdekatnya adalah pemerintah,” pungkas Johny.

Sementara itu, bertindak sebagai narasumber, Febriman Durya menambahkan bahwa kompetensi mahasiswa sangat diperlukan dalam mengikuti perkembangan dunia industri.

Maka itu, ia berharap, melalui kuliah praktisi tersebut, para mahasiswa dapat menyerap materi yang disampaikan sehingga nantinya mereka dapat lebih memahami tentang peran Inspektorat dalam pengawasan keuangan daerah.

Lalu ia menjelaskan bahwa dalam proses pengelolaan keuangan daerah diperlukan akuntabilitas. Salah satu wujudnya adalah dengan menyajikan laporan keuangan yang merupakan unsur pertanggungjawaban dari keuangan daerah.

“Salah satu pedoman pengelolaan keuangan daerah adalah Permendagri nomor 77 Tahun 2020,” pungkasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Prodi AKP Polbeng, Endang Sri Wahyuni, mengatakan bahwa kuliah praktisi tersebut merupakan salah satu program kegiatan yang dilakukan oleh Polbeng dengan menghadirkan narsumber langsung dari industri yang pelaksanaanya sekali dalam setahun.

“Kali ini kita hadirkan narsumber dari Inspektorat Daerah Kabupaten Bengkalis. Mudah-mudahan 90 peserta yang hadir dapat mengikutinya dengan baik,’’ pungkasnya.