Kamis | 01 Desember 2022 |
×

Pencarian

ANAMBAS

Jamin Ketahanan Pangan, Pemdes Teluk Siantan Serahkan 2.480 Bibit Ikan dan 8 Unit Aki Surya Kepada Kelompok Nelayan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Langkah konkret untuk menjamin ketahanan pangan masyarakat Pemerintah Desa Teluk Siantan, Kecamatan Siantan Tengah, melalui Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022 yang diperuntukan untuk program ketahanan pangan, Pemdes Teluk Siantan menyalurkan bantuan Bibit Ikan dan Aki Surya kepada masyarakat nelayan, Senin, 21 November 2022.

Kepala Desa Teluk Siantan, Ismaya Lokadi mengatakan sebanyak 2.480 ekor Bibit Ikan dan 8 Unit Aki Surya diperbantukan oleh Pemdes Teluk Siantan kepada masyarakat

Bantuan ini akan dikelola dan dibudidayakan oleh masyarakat melalui peran kelompok Pembudidaya dan Nelayan tangkap desa setempat.

“Realisasi program ketahanan pangan ini, ada 8 kelompok Pembudidaya dan 1 Kelompak Nelayan Tangkap yang akan menerima bantuan tersebut,” paparnya.

Masing-masing mendapatkan 310 ekor bibit ikan dan 1 Kelompok nelayan Tangkap menerima 8 unit aki surya.

“Program ketahanan pangan yang bersumber dari DD 20 persen tahun ini sengaja kami realisasikan dalam bentuk bantuan Bibit Ikan dan Aki Suya. Secara teknis, bantuan itu disalurkan oleh TPK Desa Teluk Siantan,” imbuhnya.

Selanjutnya, kelompak Pembudidaya akan bertanggung jawab untuk mengembangkan Bibit Ikan tersebut dalam rangka menjamin kesejahteraan masing-masing anggotanya.

Bibit Ikan bantuan desa ini akan tetap dalam pengawasan. Sehingga, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat yang tergabung di dalam kelompok pengelola agar bertanggung jawab.

“Kita berharap bibit bantuan dari desa yang jumlahnya terbatas ini nantinya dapat berkembang biak dan bisa dimiliki oleh seluruh angggota,” harapnya.

Perlu diketahui, Realisasi penyaluran bantuan diserahkan secara langsung di lokasi keramba milik kelompok pembudidaya dan nelayan tangkap Desa Teluk Siantan. (ropi)