Kamis | 01 Desember 2022 |
×

Pencarian

ADVETORIAL

Konsumsi Mie Sagu khas Inhil Lebih Sehat dan Kaya Manfaat

MEDIAKEPRI.CO.ID, Indragiri Hilir – Pasti sudah pada tau Sagu kan? salah satu hasil tanaman yang dijadikan sumber makanan pokok oleh masyarakat Indonesia bagian timur.

Saat ini tanaman Sagu sudah ramai diminati masyarakat umum sebagai makanan pokok maupun sebagai olahan camilan, Contohnya saja di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Sejak lama sagu tumbuh dan menyebar di Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) dan Kecamatan Mandah. Tingginya hasil tanam sagu di sejumlah daerah menjadikan Inhil sebagai daerah penghasil sagu yang cukup besar.

Tidak hanya sebagai sumber makanan pokok, sagu juga diolah sebagai camilan dan berbagai macam hidangan oleh masyarakat Inhil salah satunya adalah mie sagu.

Mie sagu memiliki karakteristik yang berbeda dengan mie pada umumnya. bentuk mie lebih besar dan lebih transparan. Teksturnya pun lebih kenyal dan kaku.

Mie sagu cocok dijadikan mie goreng dengan  bumbu mie goreng ala rumahan. Lebih nikmat lagi jika ada tambahan topping udang, ayam suir, telur dan lain-lain.

Makanan yang satu ini mebjadi primadona masyarakat Inhil. Selain enak dan mudah dalam pengolahannya, mengkonsumsi mie sagu juga bermanfaat bagi tubuh.

Mengkonsumsi mie sagu tidak akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah dengan cepat karena kandungan resistant strach. Mie sagu sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. 

Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, sagu juga merupakan sumber energi yang baik. Selain itu, mengkonsumsi mie sagu juga membantu mencegah sembelit serta melancarkan pencernaan.