Kamis | 01 Desember 2022 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Pelajari IPAL, Mahasiswa Polbeng Lakukan Kunjungan ke RSUD Bengkalis

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis — Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng), melakukan kunjungan ke RSUD Bengkalis dalam rangka mempelajari Sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Kunjungan tersebut dilakukan oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, Program Studi D3 Teknik Sipil, Kelas 5A, Konstruksi Bangunan Gedung pada Selasa, 22 November 2022.

Komandan Tingkat (komting) Kelas 5A, Herdyan Pradana, mengatakan bahwa kunjungan tersebut sudah disetujui oleh Ketua Jurusan dan Ketua Prodi D3 Teknik Sipil Polbeng.

Ia menjelaskan bahwa kunjungan yang dilakukan bertujuan agar mahasiswa mengetahui cara pengolahan air limbah maupun sampah limbah yang ada di RSUD Bengkalis.

Karena menurutnya, limbah dan pembangunan gedung masih memiliki keterkaitan yang erat.

“Kunjungan ini sangat luar biasa, karena kami bisa langsung melihat dan mempraktikkan bagaimana sistem IPAL, mulai dari cara kerjanya sampai hasil yang dicapai dari IPAL tersebut. Selama ini kami hanya tau teorinya saja,” ujar Herdyan kepada mediakepri.co.id melalui aplikasi berbagi pesan WhatsApp, Rabu, 23 November 2022.

Lalu ia menjelaskan bahwa dengan kunjungan tersebut, para mahasiswa dapat mengetahui cara kerja IPAL yakni, mulai dari pemisahan sampah, lemak yang terkandung dalam sampah sampai mengolah kembali zat cair yang terkandung dalam sampah menjadi air yang bisa bermanfaat, baik untuk kolam ikan, mencuci dan lain sebagainya serta bisa mengetahui cara kerja limbah yang dimusnahkan dalam kategori zat padat.

Herdyan berharap, melalui kegiatan tersebut, para mahasiswa Teknik Sipil bisa membangun sistem IPAL yang lebih modern lagi, ramah lingkungan dan air yang dihasilkan bermanfaat bagi warga sekitar.

“Alhamdulillaah, kunjungan ini sangat bermanfaat. Mudah-mudahan para mahasiswa yang ikut dapat memahami sistem kerja IPAL dan bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam dunia kerja dan dunia industri ke depannya,” pungkas Herdyan.