mediakepri
Senin, 04 Maret 2024 |
×

Senin, 04 Maret 2024

BATAM

Ranperda RUED Disahkan dalam Paripurna

| Rabu | 13 Desember 2023 | 16:45 | Tidak ada komentar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Setelah melalui serangkaian pembahasan panjang, Ranperda RUED akhirnya disahkan dalam rapat paripurna, 12 Desember 2023.

Kepri termasuk yang terakhir bersama Papua dalam pengesahan Ranperda RUED DPRD Provinsi Kepri.

Perda tentang RUED Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023-2050 disusun sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi, dimana pada Pasal 18 ayat (1) dan (2) yang menyebutkan bahwa Pemerintah Daerah menyusun RUED dengan mengacu pada Rencana Umum Energi Nasional (RUED).

“Tugas pansus sudah rampung, setelah pembahasan sekitar tiga bulan. Kami menyatakan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi langsung atau tidak langsung, terutama anggota pansus lainnya,” kata Irwansyah dalam sambutannya

Sementara Gubernur Kepri, Ansar Ahmad memberikan sambutan menyambaokan perda tentang RUED berisi rencana pengelolaan energi di Provinsi Kepulauan Riau yang merupakan penjabaran dan rencana pelaksanaan RUEN yang bersifat lintas sektor untuk mencapai sasaran RUEN hingga tahun 2050.

“Diharapkan melalui Perda ini, dapat menjadi arah serta acuan bagi seluruh pemangku kepentingan dalam melaksanakan pemanfaatan energi di tingkat daerah,” ucap Ansar. (***)