NATUNA

Asa Natuna di Hari Jadi Kota Ranai

Minggu | 28 Juli 2019 | 10:00

MEDIAKEPRI.CO.ID,Natuna – “Dara melayu cantik jelita, berselendang indah warnanya ungu, 148 umur ranai tercinta, semoga makmur dan terus maju,” tutur Wabup Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, melantunkan Pantun dalam kata sambutannya, pada pembukaan Event Fun Touristic Festival, Minggu 27 Juli 2019, malam.

Pantun ini pun menggambarkan asa dihari jadi kota ranai ke 148. Seiring pembangunan di Natuna yang kini tengah mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat, Ngesti berharap Kota yang umunya tak muda lagi ini juga turut pesat pembangunannya.

Dalam rangka Hut Kota Ranai ini pula, Pemkab Natuna melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Natuna menggelar event Fun Touristic Festival Tahun 2019.

” Selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan,ekspektasi dari event ini adalah dapat meningkatkan multiplier effect pergerakan perekonomian pelaku usaha dan masyarakat Natuna, khususnya bagi Kota Ranai, ” ujar Ngesti.

Ia pun meminta Dinas Pariwisata untuk terus aktif mempromosikan Natuna, serta mengevaluasi setiap kegiatan agar semakin baik sehingga Natuna turut diminati investor.

“Event ini sudah dua kali dilaksanakan, maka harus ada peningatan dari tahun sebelumnya, sesuai tujuan kepariwisataan natuna, meningkatnya jumlah wisatawan dari luar daerah, ekonomi meningkat, dan ada peningkatan PAD untuk natuna,” harap Ngesti.

Namun, Ngesti juga mengingatkan, besarnya sebuah negara ataupun daerah tidak terlepas dari sejarahnya. Ia mengutip kata Bung Karno ” Jas Merah” yang artinya jangan sekali-kali melupakan sejarah.

“Sebagai evaluasi seharusnya orang-orang yang turut serta dalam pembentukan maupun penentuan hari jadi kota ranai ini diundang, seperti para tokoh masyarakat, mantan Bupati dan DPRD, karena mereka juga turut serta dalam pembentukan kota ini,” kata Ngesti.

Fun Touristic Festival ini digelar mulai 27 hingga 31 Juli 2019, event ini menyajikan berbagai jenis kegiatan, seperti lomba Layang-layang tradisional, eksibisi layang-layang Internasional, lomba tanding gasing, lomba burung kicau, lomba nyuluh (menangkap udang dan ikan dengan alat tradisional), dan lomba band. Sedangkan giat lainnya adalah festival lagu melayu dan workshop membuat Layang-layang.(alfian)

Editor :