NATUNA

Asah Kualitas SDM, Disparbud Natuna Gelar Pelatihan Pramuwisata

Selasa | 18 Juni 2019 | 20:10

MEDIAKEPRI.CO.ID,Natuna- Guna Mengasah Kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia di bidang wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, menggelar pelatihan Pramuwisata pada, Senin 17 Juni 2019, di RM. Sisi Basisir, Ranai.

Kegiatan tersebut terbagi menjadi dua jenis, yakni pelatihan pemandu wisata budaya (kuliner dan belanja) dan pelatihan pemandu wisata alam (geowisata).

Panitia pelaksana kegiatan, Irlizar, dalam laporannya menerangkan, kegiatan ini memiliki beberapa tujuan, yakni untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang tekhnik pramuwisata dibidang geowisata dan kuliner, mengasah keterampilan menjadi guide yang baik, serta meningkatkan pengetahuan dalam mempromosikan wisata dan perencanaan paket perjalanan wisata.

Kadispar Provinsi Kepri, Boeralimar saat pembukaan kegiatan

“Peserta terdiri dari kelompok sadar wisata(Pokdarwis), Genpi,biro perjalanan, dan Disparbud Natuna, yang terbagi 30 orang peserta pemandu wisata alam dan 50 peserta pemandu wisata budaya, kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 17 hingga 19 Juni 2019,” terang Irlizar.

Sementara itu dalam sambutanya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Natuna, Hardinansyah, mengatakan dalam pengembangan sektor pariwisata maka tidak bisa terlepas dari 5 unsur, yakni pemerintah, akademisi, media, pelaku usaha dan masyarakat.

“Masyarakat merupakan ujung tombak pemberi layanan yang berhubungan langsung dengan wisatawan, maka
saya harap, disini peserta dapat meningkatkan pemahaman kemampuan dan pengetahuan, kualitas dan kompetensi diri, dalam rangka peningkatan kapasitas pelayanan kepariwisataan sebagaiman tujuan giat ini,” harap Hardinansyah.

Peserta pelatihan
Peserta pelatihan

Ia pun berpesan, agar para peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan dengan serius dan menyerap seluruh materi yang diberikan narasumber hingga akhir kegiatan.

Dalam kegiatan pelatihan ini, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Boeralimar, turut menjadi narasumber yang akan memberikan materi kepada peserta. (alfian)

Editor :