Selasa | 17 September 2019 |
×

Pencarian

RILIS

Balongmulyo, Desa Wisata di Pantura Jawa Tengah

Selasa | 03 September 2019 | 14:28

MEDIAKEPRI.CO.ID, Rembang – Balongmulyo adalah suatu desa yang berada di pesisi pantai utara, tepatnya di Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Jawa Tengah.

Dulu hanya warga sekitar Kecamatan Kragan yang mengenal daerah ini sebagai sentra gerabah untuk tempat ikan kering. Desa yang berjarak sekitar 30 km arah timur dari kota Rembang. Berada di jalur pantura desa ini sangat mudah ditemukan.

Adalah Bapak Dhari Kepala Desa Balongmulyo beserta warga yang mempunyai ide bagaimana caranya untuk meningkatkan perekonomian warga dan mengenalkan Desa Balongmulyo kepada masyarakat luas.

Akhirnya diawal tahun 2010 mulailah warga tergerak untuk menanam cemara di sekitar pantai Desa Balongmulyo. Pantai yang dulunya kotor dan kumuh disulap menjadi pantai wisata yang elok dengan rindangnya cemara dan gazebo yang berdiri.

Sejak itulah Desa Balongmulyo menjadi daerah wisata pantai Balongan, pantai dengan diambilkan dimana pantai itu berada yaitu di Desa Balongmulyo.

Saat ini pengunjung pantai Balongan sudah merambah tidak hanya di seputar Rembang, bahkan ada yang dari Pati, Kudus Semarang maupun Tuban. Dengan keasrian dan kenyamanan sebagai konsepnya, pantai ini menawarkan kesejukan yang biasanya panas, akan tetapi pantai balongan ini terasa sejuk dan nyaman dengan semilir pantai serta rindangnya pohon cemara dan berbagai fasilitas lainnya.

Dalam memeriahkan HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun inipun warga Balongmulyo mengadakan berbagai kegiatan yang dilaksanakan di pantai balongan ini. Salah satunya adalah kirab budaya yang mengambil start dan finish di pantai balongan.

Kirab yang diikuti warga Balongmulyo ini menambah semaraknya kegiatan yang ada di pantai balongan. Selain kirab kegiatan lainnya adalah lomba antar RT untuk kebersihan lingkungan serta semaraknya kegiatan 17an ini serta diadakannya senam bersama di pantai balongan yang diadakan pengelola tiap jumat pagi.

Kepala Desa Balongmulyo Dhari mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam menyemarakkan HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“ Kami mengadakan kegiatan ini untuk mengingatkan kembali masyarakat atas kemerdekaan yang telah kita capai, kegiatan kita pusatkan di pantai balongan dikarenakan dulu pantai ini menjadi tempat pendaratan tentara jepang pada waktu perang kemerdekaan,” Ungkapnya.

Sekarang pantai balongan ini sudah tertata rapi dan siap menerima kunjungan wisatawan darimanapun untuk melihat sekedar beristirahat maupun menikmati suasana pantai dengan ratusan cemara dan puluhan gazebo yang disediakan oleh pengelola. Satu lagi yang tidak bisa dilewatkan di pantai ini, yaitu rujak petis yang bikin lidah bergoyang sambil menikmati suasana pantai yang asri dan nyaman. (r/ramadhani)

Editor :