HEADLINE

Bupati Akan ‘Jual’ Natuna di Jepang

Sabtu | 22 Juni 2019 | 5:58

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna- Bupati Natuna,Abdul Hamid Rizal, mendapatkan kesempatan untuk “menjual” Potensi Natuna di Jepang, dalam kegiatan Indonesia Japan Business Forum (IJBF).

Event itu di mulai dari 26 hingga 27 Juni 2019, yang sekaligus menjadi “Side Event” dari KTT G-20 pada tanggal 28 Juni ,di Osaka Central Public Hall, Jepang.

Rencana Kedatangan Bupati Natuna ke Event Bisnis di Negeri Sakura itu bukan atas kehendaknya sendiri, melainkan diundang resmi oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka.

Berbekal ijin dari Gubernur Kepri dan Kementerian terkait, Bupati Natuna tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mempromosikan Natuna di Event kancah Internasional tersebut.

Dalam Konfrensi Pers yang di gelar di ruang rapat Kantor Bupati Natuna, pada Jumat 21 Juni 2019, Sekretaris Daerah Natuna, Wan Siswandi, mengungkapkan dari seluruh Indonesia hanya dua Kabupaten yang diundang menghadiri event IJBF.

“Dari seluruh Kabupaten/kota se Indonesia, hanya Natuna dan Morotai yang diundang, dan nantinya Bupati mendapat kesempatan untuk mempromosikan potensi natuna disana,” ungkap Wan Siswandi.

Forum Bisnis IJBF ini nantinya akan terdiri dari 3 sesi kegiatan yakni, seminar, pameran, dan business meeting dan signing ceremony kerja sama.

Business meeting akan menjadi sarana bagi peserta kegiatan untuk melakukan penjajakan dan negosiasi bisnis dengan mitra kerjanya di Jepang.

“Khusus Natuna , selain promosi Bupati juga akan memastikan terlaksananya pembangunan SKPT Natuna melalui dana hibah Pemerintah Jepang melalui kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Japan International cooperation Agency (JICA),” terang Wan Siswandi.

Lanjut Sekda, Natuna melalui kementerian KP mendapatkan dana Hibah sebesar 100 milyar Rupiah dari Jepang, yang akan digunakan untuk pembangunan baru pasar ikan ranai dan pelabuhan perikanan selat lampa.

“Pekerjaan konstruksinya ditatgetkan dapat terlaksana tahun 2020 mendatang, sambil kita urus administrasinya dan menunggu Amdal dari Provinsi,” ujar Wan Siswandi.

Turut mendampingi Kunker Bupati Natuna Ke Jepang, Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan, Kepala Dinas PMPTSP, Kepala Disperindagkop dan UKM, Kadis Perikanan, Kasubag Protokol bagian Humas, dan Kasubag Hubungan Antar Lembaga. (alfian)

Editor :