BATAM

Fakultas Hukum UIB Jadi Tuan Rumah Berkumpulnya Akademisi Hukum Se-Indonesia

Senin | 12 Agustus 2019 | 20:20

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Universitas Internasional Batam (UIB) patut berbangga, pasalnya Fakultas Hukum UIB dipercaya sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan pertemuan anggota sekaligus seminar nasional Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI).

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 13 sampai dengan tanggal 15 Agustus 2019 di Batam. Adapun yang akan hadir nantinya merupakan unsur pimpinan dari seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam hal ini Fakultas Hukum, baik dari Aceh sampai Papua.

“Moment ini menjadi sangat penting tidak hanya untuk UIB sendiri tetapi juga untuk Kota Batam secara keseluruhan, karena anggota yang hadir nanti merupakan guru besar-guru besar serta praktisi-praktisi dibidang hukum dari Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Infonesia,” ujar Dekan Fakultas Hukum UIB, Dr. Lu Sudirman, SH., MM., M.Hum dikantornya, Senin, 12 Agustus 2019.

Sudirman menjelaskan, adapun tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengkonsolidasikan seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk saling melengkapi dan mengisi perkembangan kurikulum pendidikan, serta peningkatan keilmuan bagi dosen-dosen yang mengajar di PTS-PTS tersebut.

“Pertemuan ini menjadi sangat penting dan strategis, karena seluruh anggota bisa saling bertukar informasi dan saling membangun kebersamaan sesama Fakultas Hukum,” imbuhnya.

Dilanjutkannya, saat ini pihaknya sudah menerima konfirmasi kehadiran dari 96 perwakilan PTS yang bersedia hadir di Batam.

“Kurang lebih seratusan orang praktisi di bidang hukum nantinya akan hadir di Batam,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Jenderal APPTHI, Dr. Ismail Rumadan melalui sambungan telepon mengatakan, seminar nasional ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan organisasinya setiap tahunnya. Tujuannya untuk mengetahui apa saja kendala yang terjadi di seluruh anggota APPTHI.

“Kegiatan ini rutin kami lakukan dua kali setiap tahunnya. Nah, untuk kali ini Batam terpilih sebagai tuan rumah seminar nasional ini,” ujarnya.

Dilanjutkannya, kegiatan itu nantinya akan membahas isu-isu tentang pendidikan hukum di Indonesia, yang salah satunya terkait tentang quovadis arah pendidikan hukum di Indonesia.

“Apakah orientasinya ke praktis ataukah ke akademis? Itulah nanti yang akan bersama-sama dibahas dalam pertemuan tersebut,” Pungkasnya. (sal).

Editor :