Minggu | 15 September 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Ini Candi Kidal, Objek Wisata Bersejarah yang Diseruduk Mobil ternyata Sopirnya Berhalusinasi

Selasa | 28 November 2017 | 9:52

MEDIAKEPRI.CO.ID, Malang – Terlepas dari kejadian diseruduk mobil, Candi Kidal di Malang merupakan objek wisata sejarah yang menarik dikunjungi. Tak jarang traveler berkunjung ke sana.

Mobil KIA Carnival menabrak Candi Kidal di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Mobil yang dikemudikan oleh seorang pria bernama Joko Agus Gunawan (35) sebelumnya diduga melewati pagar tembok dan melompati taman hingga 65 meter menabrak tangga candi. Pengemudi tersebut diduga berhalusinasi.

Candi Kidal sebenarnya merupakan salah satu warisan Kerajaan Singosari.

Konon, Candi Kidal mulai dibangun pada masa pengalihan kekuasaan Kerajaan Airlangga ke Kerajaan Kediri pada abad ke-13, tepatnya 1248 M.

Dilansir detikTravel dari berbagai sumber, Selasa 25 juli 2017 Candi Kidal mungkin tidak setenar Candi Prambanan atau Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Namun bagi penduduk sekitar Jawa Timur masih menjadi salah satu tujuan favorit jika ingin berwisata sejarah.

Candi Hindu ini terbuat dari batu andesit dan berdimensi geometris vertikal. Letak Candi Kidal memang cukup tersembunyi, tepatnya di dalam pedesaan.

Wisata ke sana pun bisa jadi alternatif buat kabur sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Buat foto-foto bareng teman ataupun keluarga juga asyik.

Salah satu yang menjadi daya tarik adalah reliefnya yang berkisah tentang Garudadeya, garis besarnya adalah seekor Garuda yang membebaskan ibunya dari perbudakan dengan tebusan air suci amerta atau air kehidupan.

Kawasan Candi Kidal memang tidak seluas kompleks candi-candi lainnya, dari pintu masuk traveler sudah dapat melihat bangunan candi. Di sekitarnya juga terdapat taman rumput dan pepohonan rindang.

Selain itu juga terdapat sisa-sisa fondasi serta tembok keliling dari hasil galian pemugaran tahun 1990-an. Nuansa masa lalu masih kental terasa di sini.

Nah, traveler yang ingin mencoba berkunjung ke Candi Kidal, bisa naik kendaraan pribadi menuju ke daerah Tumpang, atau charter angkutan umum sampai ke candi. Persisnya sekitar 20 kilometer ke arah timur Malang. Untuk jam operasionalnya, mulai dari jam 07.00-18.00 WIB. (***)

Editor :