KARIMUN

Kapolres Karimun Bentuk Satgas Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan

Senin | 12 Agustus 2019 | 19:11

MEDIAKEPRI.CO.ID, Karimun – Kapolres Karimun bentuk satuan tugas (satgas) untuk menanggulangi kebakaran lahan dan hutan (Karhutla).

Anggota satgas terdiri unsur Polri, TNI, Satpol PP, Basarnas dan sejumlah elemen lainnya dengan jumlah personil keseluruhan sebanyak 258 orang.

Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya mengatakan, dibentuknya anggota Satgas Karhutla untuk dapat merespon secara cepat apabila terjadi kebakaran  hutan dan lahan di Kabupaten Karimun.

“Jadi ini sebagai langlah kita bersama instansi lain, apabila terjadi kebakaran satgas ini yang akan bertidak lebih awal,” kata Kapolres, Senin 12 Agustus 2019.

Hengky mengatakan, untuk di Kabupaten Karimun kawasan hutan ada 31,675, 88 hektar yang meliputi hutan produksi, hutan produksi terbatas yang dapat dikonversi yang tersebar di pulau Karimun, Kundur dan Pulau Moro.

Selain itu, Hengky menjelaskan di Provinsi Kepulauan Riau tercatat rawan kebakaran hutan dan lahan, pada tahun 2019 sejumlah 117 lokasi, yang terdiri dari Tanjungpinang 78 lokasi, Barelang Batam 29 lokasi, Lingga 5 lokasi, Bintan 4 lokasi dan Anambas 1 lokasi.

“Meskipun Kabupaten Karimun secara umum belum memiliki titik panas, rawan kebakaran hutan dan lahan. Kita harus tanggap pencegahan segala aspek potensi kerawanan kebakaran hutan dan lahan.Jangan sampai terjadi, kita bingung untuk memadamkan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Hengky mengajak, kepada seluruh jajaran instansi pemerintah maupun swasta dan segenap masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. (yan)

Editor :