Selasa | 17 September 2019 |
×

Pencarian

RILIS

Kapuspen Kemendagri Jadi Juri Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2019

Selasa | 02 Juli 2019 | 0:41

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tangerang – Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri didapuk menjadi Juri Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2019.

Penjurian awal dilakukan di Perpustakaan “Cahaya Ilmu” Desa Mekar Baru, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, pada Senin, 1 Juli 2019.

Bahtiar mengungkapkan membimbing masyarakat merupakan tugas Pemerintah. Meski demikian, diperlukan peran aktif masyarakat untuk mendukung upaya perbaikan kualitas hidup melalui Perpustakaan.

Hal itu diungkapkannya saat meninjau langsung Perpustakaan “Cahaya Ilmu” pada Senin, 1 Juli 2019.

“Tugas kita adalah membimbing masyarakat supaya memperbaiki kualitas hidupnya, salah satu caranya adalah menyediakan perpustakaan. Namun, hal ini bisa berjalan jika masyarakat juga aktif, karena walaupun camat beli buku-buku bagus kalau masyarakat tidak ada keinginan untuk mendukung, ini (perpustakaan) hanya jadi tumpukan sampah,” kata Bahtiar.

Dilanjutkan Bahtiar, ilmu pengetahuan merupakan upaya untuk merubah kualitas hidup manusia. Salah satu sumber ilmu pengetahuan tersebut dapat didapat melalui Perpustakaan. Dengan hadirnya Perpustakaan di tengah-tengah masyarakat diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

“Mengubah manusia itu dengan memberikan ilmu pengetahuan, tidak usah malu ke Perpustakaan. Jadi, mulai sekarang kita harus memberikan informasi kepada warga dan mengajak ‘Ayo ke Perpustakaan,’ karena Perpustakaan itu bukan hanya kumpul-kumpul, baca-baca, tapi Perpusatakaan adalah sarana tempat kita mendapatkan pengetahuan atau informasi bagaimana cara kita meningkatkan kualitas hidup,” terang Bahtiar.

Lebih lanjut Bahtiar mengungkapkan, Kementerian Dalam Negeri telah mendukung literasi di masyarakat yang diwujudkan dengan hadirnya Permendagri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBN Tahun 2020.

“Kemendagri hari ini juga mendukung teman-teman Perpustakaan dengan menginstruksikan seluruh 34 Gubernur di Indonesia, 514 Bupati/Walikota termasuk DPRD nya agar memberikan dukungan program dan anggaran yang cukup untuk pembangunan Perpustakaan di seluruh Indonesia. Baru saja dua minggu yang lalu ditandatangani Permendagri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2020,” ungkap Bahtiar.

Bahtiar merupakan salah satu juri Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2019. Ia bertugas melakukan penilaian beberapa perpustakaan perwakilan masing-masing Provinsi di Indonesia dengan beberapa indikator penilaian salah satunya pembinaan dan kepedulian pemerintah daerah dan masyarakat setempat dalam pengelolaan Perpustakaan. Hasil penilaian kemudian akan dikumpulkan dan diakumulasikan seluruh juri hingga mendapat juara Lomba Perpustakaan di tingkat Nasional. (r/eddy)

Editor :