KARIMUN

Karantina Karimun Musnahkan Barang Impor Pembawa Hama dari Malaysia

Rabu | 14 Agustus 2019 | 13:58

MEDIAKEPRI.CO.ID, Karimun – Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjungbalai Karimun memusnahkan media pembawa hama penyakit hewan dan organisme pengganggu tumbuhan, Rabu 14 Agustus 2019.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di Incenerator di Instalasi Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjungbalai Karimun di Jalan Kapling Kecamatan Tebing.

Adapun barang yang dimusnahkan berupa bibit sawi 29 kg, 14 batang tanaman nias, 38 kilogram sayur dan buah, daging dan jeroan seberat 477,27 kilogram dan sebagian barang yang hasil pelimpahan dari KPPBC Karimun.

“Barang yang kita musnahkan ini merupakan hasil penindakan sejak Oktober 2018 hingga bulan Agustus 2019 yang tidak memiliki dokumen resmi karantina dari negara asalnya Malaysia,” kata Kepala Karantina Karimun, Priyadi.

Priyadi mengatakan, sebagian besar daging ilegal tersebut dibawa melewati pelabuhan internasional Karimun dari negara Malaysia.

Namun pada saat petugas mengamankan barang-barang tersebut tidak menemukan pemiliknya.

“Modusnya dibawa masuk lewat pelabuhan Internasional dan setiap kali kita amankan tidak ada yang mengaku siap pemilik barang tersebut,” jelasnya.

Diakui Priyadi untuk upaya pencegahan masuknya barang-barang impor pembawa hama ini pihaknya melakukan pengawasan dengan intansi terkait.

“Untuk pencegahan kita terus melakukan pengawsan secara ketat dengan intansi terkait baik di Pelabuhan Internasional maupun di pelabuhan bongkar muat lainya,” ucapnya.

Turut hadir saat pemusnahan itu, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPP BC) Tanjungbalai Karimun Bernhard Sibarani, perwakilan Polres Karimun.

Perwakilan Kodim 0317/TBK Karimun, Lanal TBK, perwakilan Kejaksaan Negeri Karimun dan perwakilan Dinas Perdagangan Kabupaten Karimun serta sejumlah perwakilan instansi terkait lainnya. (yan)

Editor :