ANAMBAS

Kekurangan Air Bersih, Warga Kiabu Terpaksa Konsumsi Air Asin

Jumat | 12 April 2019 | 10:32

MEDIAKEPRI.CO.ID.-Anambas – Hanya inilah, satu-satunya sumur air bersih yang dimiliki warga Desa Kiabu kecamatan Siantan Selatan Kabupaten Anambas. Kemarau yang berlangsung lama, sumur yang merupakan milik Desa Kiabu itupun tak dapat lagi memenuhi kebutuhan masyarakat. Soalnya, air yang bersumber dari sumur milik masyarakat itu kini terasa asin.

Mukris, warga Dusun Pelampung, RT I/RW II Desa Kiabu, menceritakan, atas desakan alam saat ini, maka warga harus mencari sumber mata air lain, khusus untuk diminum

“Selama ini kami hanya bertahan hidup dari sumur ini. Untuk mandi dan mencuci, itulah air yang dapat kami gunakan. Kalau untuk minum, kami terpaksa harus mencari air dari sumber lain yang jaraknya sangat jauh dari desa,” terang Mukris, Kamis , 11 April 2019.

Mukris menambahkan, kesulitan air saat kemarau ini, bukan baru terjadi, namun sudah berulang kali dialami masyarakat. “Kami sangat berharap pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas memberikan solusi atas kesulitan masyarakat ini,” katanya.

Sejauh ini, katanya lebih jauh, pemerintah desa sudah berusaha untuk mencari jalan keluar dari kesulitan ini. Mulai dengan membuat embung desa. Hal ini dilakukan agar dapat menampung air hujan, guna memenuhi kebutuhan warga. Namun langkah ini, tambahnya, dirasakan masih belum cukup.

“Saya berharap keadaan ini ditanggapi pemerintah kabupaten. Langkah yang dilakukan dengan membuat penyulingan dari air asin menjadi air tawar,” ucap Mukris sembari memberikan solusi. (rofi)

Editor :