Selasa | 17 September 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Keluarkan Gas Beracun, Kawah Ijen Ditutup Sampai Batas Waktu yang Belum Ditentukan

Kamis | 22 Maret 2018 | 15:06

MEDIAKEPRI.CO.ID, Banyuwangi – Wisatawan yang mau mendatangi Kawah Ijen, harus bersabar diri. Pendakiannya ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan, karena adanya gas beracun.

“Iya, ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan,” ujar Kepala BKSDA Wilayah V Banyuwangi, Sumpenah, kepada detikTravel Kamis 22 Maret 2018.

Kawah Ijen mengeluarkan gas beracun, Rabu 21 Maret 2018 malam. Ratusan warga diungsikan dan pendakian resmi ditutup. Lokasi terdampak adalah perkebunan Margahayu dan Watucapil, Kecamatan Ijen, Bondowoso yang berjarak sekitar 7 km dari kawah. Puluhan warga pingsan karena menghirup gas. Sementara ratusan lainnya dievakasui ke kantor Kecamatan Ijen.

“Letupan gas beracun ini memang karena kondisi hujan. Permukaan kawah jadi dingin smeentara dasar kawah panas, hingga ada letupan yang mengeluarkan gas,” terang Sumpenah.

Dua warga Desa Kalianyar, Ijen, yang diduga gas belerang Kawah Ijen dievakuasi ke RSUD dr Koesnadi Bondowoso. Keduanya dirujuk karena mengalami dampak cukup parah.

Oleh sebab itu, penutupan pendakian Kawah Ijen ditutup dan wisatawan harap mematuhi demi keselamatan diri sendiri. (***)

sumber: detik.com

Editor :