Senin | 16 September 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Keunikan dan Keelokan Danau yang Bisa Berubah Jadi Hamparan Padang Rumput, Ternyata Ada Cerita Dibaliknya

Rabu | 07 Februari 2018 | 11:22

MEDIAKEPRI.CO.ID – Danau Tarusan Kamang di Agam, Sumbar punya keunikan tersendiri. Danau ini bisa berubah menjadi hamparan padang rumput yang hijau dan luas. Ajaib!

Agustus 2017 lalu, untuk kedua kalinya saya menginjakkan kaki di Tarusan Kamang yang terletak di Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Tarusan Kamang merupakan semacam danau yang dimanfaatkan untuk kubangan kerbau dan budidaya ikan oleh masyarakat sekitar.

Beberapa tahun belakangan tempat ini menjadi hits di sosial media, sehingga banyak yang menjadikan tempat wisata alternatif ketika jalan-jalan ke sekitaran Bukittinggi.

Konon katanya, Tarusan Kamang memiliki keunikan. Pada musim tertentu, hamparan danau yang luas bisa berubah menjadi hamparan padang rumput hijau yang luas. Saya merasakan juga keunikan ini.

Ketika pertama kali ke sini (April 2016), saya menemukan hamparan danau luas, pemandangannya begitu indah. Ketika kedua kalinya ke sini, saya takjub. Hamparan danau luas tersebut berubah menjadi hamparan padang rumput yang hijau.

Sampai saat ini, fenomena unik di Tarusan Kamang masih terus diteliti. Beberapa peneliti mengatakan bahwa fenomena ini terjadi karena adanya hubungan sungai bawah tanah yang menyebabkan air dapat datang dan menghilang. (***)

sumber: detik.com

Editor :