TANJUNG PINANG

Kualitas Keluarga Penopang Perlindungan Anak

Selasa | 06 Agustus 2019 | 16:56

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tanjungpinang – Puncak Peringatan Hari Anak Nasional dan Hari Keluarga Nasional Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019 sukses digelar di tuan rumah peringatan yaitu Kota Tanjungpinang. Acara dipusatkan di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Selasa, 6 Agustus 2019.

Acara yang dikemas dengan berbagai pertunjukan dan kreativitas para anak yang tergabung dalam Forum Anak Kota Tanjungpinang sangat memukau perhatian penonton termasuk Sekdaprov Kepri, DR. H. T. S. Arif Fadillah, S.Sos, M.Si, Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini, Walikota Tanjungpinang dalam sambutannya mengatakan masalah anak bukan hanya menjadi tanggung jawab guru atau sekolah saja, lingkungan juga harus bertanggungjawab terhadap tumbuh kembang anak.

“Anak merupakan generasi muda penerus cita-cita bangsa, setiap anak dilindungi keberadaannya oleh Undang-undang Keluarga yang merupakan tempat pertama anak memperoleh pendidikan,” ungkapnya.

Selain itu, Syahrul juga mengatakan pentingnya keluarga juga sebagai penopang anak berkualitas.

“Perlu kita pahami bersama bahwa orang tua tempat anak-anak kita bermanja, suara mereka juga perlu kita dengar, meskipun mereka masih remaja atau muda belia, namun mereka juga mempunyai hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” lanjut Walikota yang akrab disapa Ayah Syahrul.

Ayah Syahrul juga mengutarakan bentuk nyata kebijakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam memenuhi partisipasi anak tersebut dengan membentuk forum anak sebagai wadah partisipasi anak yang berada di tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota bahkan tingkat nasional.

“Terkait dengan hal tersebut, Pemko Tanjungpinang telah melakukan pembinaan Sekolah Ramah Anak, Mesjid Ramah Anak, Puskesmas Ramah Anak, pembuatan Akte Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) gratis, selain itu juga melakukan penerapan jam malam bagi pelajar, untuk itu orang tua jangan hanya mengandalkan instansi terkait, akan tetapi orang tua harus tetap melakukan pengawasan terhadap anak,” pungkasnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, DR. H. T. S. Arif Fadillah, S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengatakan saat ini globalisasi tidak dapat dibendung dan akan terus berkembang, hal ini akan berpengaruh dan berdampak terhadap kehidupan dan perkembangan kepribadian anak.

“Untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas, maka keluarga tersebut harus tahan dan mampu menghadapi segala cobaan dan rintangan yang dihadapi dengan menerapkan pendekatan yakni keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga peduli dan berbagi,” ungkap Arif.

Sejumlah kepala daerah di Kepri dan undangan

Arif melanjutkan bahwa semua orang tua pasti sangat menyayangi dan mencintai anak-anaknya, walaupun masih ada orang tua yang salah dalam merefleksikan rasa kasih sayang tersebut dalam pola asuh anak-anaknya.

“Untuk itu saya meminta kepada anak-anak sekalian, mulai hari ini berjanjilah pada diri sendiri untuk menumbuhkan cinta tanah air dan bangsa, memiliki etika dan akhlak mulia, menggunakan gadget secara bertanggung jawab, tidak merokok dan jauhi narkoba, hormat serta taat kepada orang tua dan guru serta belajar dengan tekun dan mengukir prestasi,” lanjutnya.

Diakhir sambutannya, Arif Fadillah juga menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Bupati dan Walikota yang telah menerima penghargaan sebagai Kabupaten dan Kota Layak Anak Tahun 2019.

“Dengan demikian maka pelopor Provinsi Layak Anak (Provla) sudah dapat kita terima, harapan kita semua tentunya Indonesia Layak Anak segera terwujud,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut dilakukan penyematan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Walikota Batam dan Bupati Kepulauan Anambas, penyerahan penghargaan sebagai penyelenggara pendidikan, rumah sakit, perusahaan, aparat penegak hukum, media ramah anak dan lembaga pemerhati anak, penyerahan bantuan alat teknologi tepat guna. Dilakukan juga penandatanganan prasasti rumah dataku dan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS), penyerahan SK Sekolah Ramah Anak dan diakhiri dengan penyerahan hadiah kuis berupa sepeda kepada anak-anak.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, Kepala BKKBN Pusat yang diwakili oleh Deputi Bidang KB-KR, DR Ir. Dwi Listya Wardani, Walikota Batam, HM. Rudi, Bupati Anambas, Abdul Haris, FKPD Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang, Ketua BKOW Kepri, Hj. Rosmery Isdianto, Ketua DWP Kepri, Hj. Rismarini, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul, Kepala OPD Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang serta seluruh anak-anak Kota Tanjungpinang yang merupakan utusan dari TK, SD, SMP dan SMA, Forum Anak Kota Tanjungpinang dan Genre Kota Tanjungpinang. (r/humastpi/sal)

Editor :