Selasa | 17 September 2019 |
×

Pencarian

RAUN WAK

Melihat Keindahan Kota Georgetown, Pulau Pinang dari Ketinggian

Minggu | 30 Desember 2018 | 18:32
wisata pinang

MEDIAKEPRI.CO.ID – Pulau Pinang merupakan negara bagian Malaysia dengan batas wilayahnya mulai dari kawasan semenanjung Prai hingga Pulau Pinang. Kedua wilayah ini dihubungkan oleh jembatan melintasi laut, yakni Pinang Bridge.

Jembatan ini terdiri dari dua, yaitu Pinang Bridge pertama dengan panjang sekitar 13, 5 kilometer dan kedua memiliki panjang 23,5 kilometer. Kedua jembatan ini dimulai dari wilayah Prai di daratan semenanjung hingga Bayan Lepas di Pulau Pinang. Jembatan pertama mulai dilintasi sejak 1985 dan menjadi salah satu ikon Malaysia.

Berwisata ke Pulau Pinang dari Kuala Lumpur boleh menggunakan pesawat, bisa juga menggunakan bus dari Terminal Berpaduan Selatan (TBS). Perjalanan melintasi jalan highway Labuh Raya Utara dengn waktu tempuh sekitar 5 jam. Banyak pilihan bus antar kota melayani jalur ini dengan harga tiket bus sekitar RM36.

The Top Komtar Gedung tertinggi di Pulau Pinang, Malaysia.

Pelancong boleh memilih tujuan pemberhentian bus di Pinang Sentral di wliayah Buterworth, kemudian melanjutkan perjalanan menaiki bus Pinang Rapid menuju Georgetown, ibukota negara bagian Pulau Pinang atau menyeberang menggunakan ferry.

Jika tujuannya ingin menikmati destinasi wisata di kawasan Bukit Bendera, pelancong boleh memilih pemberhentian bus di terminal bus Balik Pulau, atau terminal Sungai Nibong.

Pulau Pinang memiliki banyak bangunan kuno bernuansa Eropa. Seperti bangunan tua di Kota Georgetown, yang dulunya sebagai salah satu kota persinggahan perdagangan di Asia. Kota ini mulai dibuka sejak 1786 oleh British East India Company sebagai kawasan penting bagi perdagangan India-China pada zaman dahulu.

Banyak destinasi wisata menarik di Kota Georgetown, mulai dari street art di bangunan tua, hingga melihat keindahan kota dari puncak tower Komtar (Komplek Tun Abdul Razak) dengan ketinggian 249 meter.

Uji nyali berjalan di lantai kaca Rainbow Sky Deck The Top Komtar.

Untuk naik ke The Window of TheTop di lantai 68, pelancong dikenakan tiket tanda masuk dengan harga RM68. Pelancong akan ditemani guide menuju lantai paling atas gedung tertinggi di Pulau Pinang ini, untuk melihat pemandangan 360 derajat landscape kota Georgetown.

Bagi pelancong yang ingin tantangan, boleh melangkahkan kaki ke Raibow Skywalk. Di area ini pelancong akan berjalan di atas lantai kaca, seolah-olah melayang di udara. Untuk menikmati suasana dari ketinggian, The Top juga dilengkapi fasilitas kafe terbuka. Pelancong bsa menikmati aneka menu lezat sambil memandang bangunan menjulang di kawasan Georgetown.

Selain itu, wisatawan juga boleh singgah di lantai 65 gedung ini, mengunjungi Observatory Deck dan Tech Dome, yang buka mulai pukul 10.00 hingga pukul 18.00. Di tempat ini pengunjung dapat menyaksikan pameran ilmiah dan teknologi.

Destinasi lain yang boleh dikunjungi saat berada di Georgetown, yakni Kuil Arulmigu Balathandayuthapani. Kuil Hindu Tamil ini berada di Jalan Kebun Bunga dan ramai dikunjungi saat hari besar Agama Hindu, seperti Hari Thaipusam yang jatuh antara Januari dan Februari setiap tahunnya.

Perayaan Thaipusam di Georgetown Februari 2018.

Bagi pelancong yang ingin mencari penginapan dekat kawasan ramai kulinernya, sambil melihat suasana malam di Georgetown boleh memilih kawasan Chulia Sreet. Harga kamar hotel dan penginapan mulai dari RM100 per malam.

Di kawasan ini juga terdapat banguan masjid tertua, yaitu Masjid Kapitan Keling. Masjid ini dibangun pada akhir abad 18. Bangunan masjid memiliki arsitektur yang antik. Nama Kapiten Keling adalah sebutan untuk Caudeer Mohudeen, ketua kaum India Muslim pada zaman dahulu.

Masih banyak lagi destinasi menarik di Georgetown yang boleh dikunjungi pelancong, di antaranya Soffeok House di Jalan Air Item, Logan Memorial, Pinang Urban Adventure, Kek Lok Si Temple dan destinasi lainya.

Dari Georgetown pelancong boleh meneruskan traveling ke Penang Hill atau disebut juga Bukit Bendera. Kawasan ini memiliki ketinggian 700 mdpl, merupakan daratan paling tinggi di Pulau Pinang.

Salah satu klenteng tua di Georgetown, Pulau Pinang, Malaysia.

Untuk mencapai tempat ini, pelancong boleh menaiki fenicular train dari railway lower station di Jalan Air Item menuju railway upper station di kawasan Penang Hill dengan harga tiket RM15 atau tiket PP seharga RM30 untuk dewasa.

Di Penang Hill wisatawan dapat melihat kota Georgetown dari atas bukit. Di sini juga terdapat The Owl Museum, untuk memlihat lukisan, patung, dan pernak-pernik yang berhubungan dengan burung hantu, Untuk memanjakan selera pelancong, tempat ini dilengkapi food court dan kafe. Juga dilengkapi fasilitas tempat ibadah, seperti masjid dan kuil. Sarana rekreasi yang disediakan bagi pelancong, yakni mobil buggy untuk berkeliling Penang Hill.

Bagi wisatawan yang ingin bermain pantai, boleh menikmati suasana Pantai Batu Ferringhi, yang disebut juga sebagai Pantai Senggigi-nya Pulau Pinang.

Menuju ke tempat ini dari Georgetown, wisatawan bisa naik bus dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Di pantai ini tersedia fasilitas rekreasi, seperti banana boat, jetski dan parasailing. Juga tersedia penginapan dan berbagai stand food court. (apshek)

Editor :