BATAM

Raker APPTHI di Batam: Tingkatkan Daya Saing Fakultas Hukum di Era Globalisasi

Rabu | 14 Agustus 2019 | 20:08

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Dunia pendidikan di tanah air semakin hari semakin dinamis. Jika dulunya kompetisi terjadi antar fakultas, sekarang sudah tidak jamannya lagi. Yang menjadi perhatian sekarang ini ialah komparasi perbandingan. Dari perbandingan itu, nantinya akan mendorong fakultas tersebut untuk bisa maju secara bersama-sama.

Hal tersebut seperti yang terungkap dalam Seminar Nasional dan Pertemuan Nasional Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI), yang dilaksanakan di Auditorium Gedung B Universitas Internasional Batam (UIB), Rabu, 14 Agustus 2019.

Dalam raker yang dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 13-15 Agustus 2019, mengangkat tema “Quo Vadis Pendidikan Tinggi Hukum di Indonesia Antara Orientasi Keilmuan dan Praktisi”.

Pemberian cinderamata dari Rektor UIB, Prof. Dr. Handoko Karjantoro, CPA kepada Ketua Umum APPTHI, Prof. Dr. Ade Saptomo, SH., M.Si.

Dalam seminar nasional tersebut menghadirkan tiga orang narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya yakni, Ketua Dewan Eksekutif BAN PT, Prof. T Basaruddin, Ph.D, Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M dan Ketua PERADI, Dr. H. Fauzie Yusuf Hasibuan, S.H., M.H. Seminar ini di moderatori oleh Wasekjen APPTHI, Auliyah Khasanofa,SH., MH.

Ketua Umum APPTHI, Prof. Dr. Ade Saptomo, S.H., M.Si dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini rutin diselenggarakan pihaknya setiap 6 bulan sekali. Adapun tujuan dari seminar dan temu nasional ini ialah untuk mengetahui tantangan terkini dari masing-masing perguruan tinggi dengan orientasi keilmuan dan praktisi.

“Kegiatan ini merupakan ajang berkumpulnya akademisi dan praktisi-praktisi di bidang hukum dari seluruh daerah di tanah air, adapun tujuannya untuk meningkatkan kualitas manajemen institusi masing-masing fakultas dan juga untuk meningkatkan kualitas personal dosen-dosen secara bersama-sama,” ujar pria yang akrab di panggil Prof. Ade ini.

Peserta Seminar Nasional dan Pertemuan Nasional APPTHI di Fakultas Hukum UIB.

Prof. Ade menjelaskan, dalam kegiatan kali ini sebanyak 96 pimpinan perguruan tinggi hukum hadir untuk mewakili 71 perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia.

“Rinciannya 5 universitas dari Bali-NTB-NTT, 6 universitas dari Sulawesi, 44 universitas dari Pulau Jawa, 11 universitas dari Sumatera, 4 universitas dari Kalimantan dan 1 universitas dari Papua,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Direktur Dewan Eksekutif BAN PT, Prof. T Basaruddin, Ph.D mengatakan apresiasinya kepada APPTHI yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Yang mana dari kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan hukum di tanah air. Hal tersebut sejalan dengan misi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN).

“Saya sangat mengapresiasi dan salut kepada APPTHI. Karena melalui kegiatan ini, seluruh anggotanya saling berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas pendidikan di fakultasnya masing-masing,” ujarnya.

Ditambahkannya, dari pertemuan ini pihaknya sangat setuju dengan tidak perlunya ada dikotomi antara ilmu pengetahuan di bidang hukum (knowledge) dengan praktisi (praktical skill). Karena kedua-duanya sangat dibutuhkan dan tak terpisahkan satu dengan yang lain.

“Enggak bisa kita hanya mengandalkan skill saja tanpa ada knowledge, begitu juga sebaliknya. Kedepan setiap lulusan sarjana hukum maupun juga magister ataupun doktor di bidang hukum, harus ada keseimbangan antara keduanya,” tuturnya.

Pihaknya juga berharap kepada APPTHI sebagai wadah penghimpun dari fakultas hukum, untuk mengendalikan dan mengontrol mutu pendidikan kepada anggotanya.

“Jika ada anggotanya yang tidak benar melakukan praktek-praktek yang melanggar peraturan perundangan, misalnya tidak terakreditasi tetapi meluluskan, kami minta APPTHI juga ikut mengawasinya,” ucapnya.

Tampak tamu undangan yang hadir dalam seminar tersebut Rektor UIB, Prof. Dr. Handoko Karjantoro, CPA, Dekan Fakutas Hukum UIB, Dr. Lu Sudirman, S.H., M.M., M.Hum, Ketua Umum APPTHI yaitu Prof. Dr. Ade Saptomo, S.H., M.Si dan lainnya.

Seminar dan pertemuan nasional ini diakhiri dengan penukaran cinderamata antara UIB dan APPTHI. Penukaran Cinderamata tersebut diberikan oleh Prof. Dr. Handoko Karjantoro, CPA sebagai Rektor UIB dan Prof. Dr. Ade Saptomo, S.H., M.Si sebagai Ketua Umum APPTHI. (sal)

Editor :