KUANSING

Realisasikan APBDes, Kades: Utamakan Pembangunan

Senin | 15 Juli 2019 | 23:40

MEDIAKEPRI.CO.ID, Taluk Kuantan – Kepala Desa Sukamaju, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Agus Supriyanto terus berupaya untuk meningkatkan pembangunan Infrastruktur, pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) setiap tahunnya, Kades selalu meralisasikan peningkatan pembangunan dan prasarana fasilitas umum.

Agus Supriyanto mengatakan di ruang kerjanya, untuk Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan Pendapatan Asli Desa (PADes) yang dimuat dalam APBDes 2018 lalu sebanyak Rp 2.021.000.000 telah direalisasikan untuk pembangunan dan pemberdayaan yang dibutuhkan masyarakat.

“Anggaran dana desa yang kita terima seperti yang bersumber dari DD dan ADD serta PADes tahun 2018 lalu, sudah direalisasikan untuk fasilitas penunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata kades singkat.

Kades beserta ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Rohmad menjelaskan, ralisasi APBDes tahan 2018 antara lain seperti pembangunan boxculver sebanyak 3 titik, pagar lapangan merdeka 400 meter, pagar Paud, dan pembukaan jalan baru sepanjang 2000 meter.

Selain itu, katanya, ada juga pembangunan drainase sepanjang 1130 meter, dan semenisasi sepanjang 50 meter. Sedangkan bidang pemberdayaan yaitu pemberian gizi bagi balita dan lansia, semua pembangunan dan pemberdayaan ini merupakan hasil kesepakan masyarakat melalui Musyawarah Desa (Musdes).

“Jalan akses usaha pertanian yang dulu hanya bisa dilalui sepeda motor, kini sudah bisa dilewati mobil, kemudian dibidang pemberdayaan yaitu pemberian gizi bagi balita,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat, tahun 2019 ini, kami juga akan merealisasikan berbagai pembangunan falisitas umum seperti dibidang pendidikan dan kesehatan, dan juga peningkatan bidang UMKM yang dikelola oleh BUMDes.

Dengan anggaran yang kami terima sebanyak Rp 2.195.874.000, ditahun 2019 ini, akan digunakan antara lain untuk, rehab 3 unit posyandu, pembangunan boxculver 3 unit, pemasangan gorong-gorong 3 titik, satu unit gedung taman pendidikan kanak-kanak islam, penanaman rumput lapangan bola kaki, pemasangan lampu penerangan lingkungan sebanyak 400 tiang, dan pengerasan jalan sepanjang 2000 meter.

Untuk program UMKM melalui penyertaan modal di BUMDes, penyerahan bantuan sembako sebanyak 50 paket bagi lansia, pelatihan bidan dan dukun beranak, penyegaran kader posyandu, pengobatan lansia serta lomba posyandu tingkat desa.

“Semua guna mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat agar mudah melakukan aktivitas kesehariannya,” ungkap kades. (depriandi)

Editor :