HARI INI SEJARAH

Setelah Terpecah Selama 150 Tahun, Dua Negara Bersatu Jadi Yaman

Rabu | 22 Mei 2019 | 3:34

MEDIAKEPRI.CO.ID – Sebelum tanggal 22 Mei 1990, tidak ada negara bernama Yaman. Yaman yang sebelumnya terpecah menjadi Yaman Utara dan Yaman Selatan kembali bersatu, 22 Mei 1990. Sebelumnya, Yaman terpecah selama 150 tahun.

Proses bersatunya kembali Yaman itu merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia, seperti yang dilangnsir di Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Republik Arab Yaman dalam bahasa Arab disebut Al Jamhūrīya al Arabiya al Yaman atau Yaman Utara adalah sebuah bekas negara yang kini terletak di sebelah utara Yaman.

Yaman Utara ini adalah sebuah negara ini berjalan normal dipimpin oleh kepala negara. Dan roda pemerintahan layaknya sebuah negara tercatat dengan sempurna.

Sedangkan, Republik Demokratik Rakyat Yaman atau Yaman Selatan adalah sebuah negara yang didirikan pada tahun 1967. Ddibangunnya negara ini di tempat yang kini adalah wilayah selatan negara Yaman. Yaman Selatan adalah satu-satunya negara komunis di Timur Tengah.

Republik Yaman adalah sebuah negara di Jazirah Arab di Asia Barat Daya, bagian dari Timur Tengah. Yaman berbatasan dengan Laut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di sebelah barat, Oman di sebelah timur dan Arab Saudi di sebelah utara. Orang-orang keturunan Arab di Indonesia sebagian besarnya berasal dari negara ini.

Penduduk Yaman diperkirakan berjumlah sekitar 23 juta jiwa. Luas negara ini sekitar 530.000 km2 dan wilayahnya meliputi lebih dari 200 pulau. Pulau terbesarnya, Sokotra, terletak sekitar 415 kilometer dari selatan Yaman, di lepas pantai Somalia. Yaman adalah satu-satunya negara republik di Jazirah Arab. (***)

Editor :