Mata

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Bulan Juli 2018 lalu Bank BTN (Bank Tabungan Negara) telah melaksanakan Roadshow Felas, Tabungan Valas yang pertama di Mega Mall, Batam Center.

Batam menjadi kota pertama yang dipilih. Alasannya, karena Batam berbatasan lansung dengan negara tetangga, Singapura. Selain nasabah ritel, Bank BTN juga membidik kalangan asosiasi pedagang valas, perusahaan swasta, para pengembang properti, notaris, dan perusahaan yang bergerak di sektor pariwisata seperti perhotelan. Potensi jumlah rekening Tabungan BTN Felas yang bisa diraih di area Batam sekitar 1000 rekening, baik dalam bentuk mata uang Dolar Amerika Serikat maupun Dolar Singapura.

Tabungan Felas BTN ini tersedia dalam dua pilihan mata uang asing, yakni Dolar Amerika (USD) dan Dolar Singapura (SGD). Bank BTN memberikan penawaran menarik untuk nasabah Felas. Setoran awal cukup dengan USD/SGD 100, saldo minimal USD/SGD 10, dan biaya administrasi bulanan USD/SGD 1.

“Bank BTN memberikan keuntungan berupa kurs dan bunga bersaing. Produk dana ini juga akan dilengkapi kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sehingga nasabah dapat melakukan penarikan di Indonesia hingga di mancanegara. Juga akan dilengkapi fitur electronic channel untuk kemudahan bertransaksi,” kata Direktur Consumer Banking Bank BTN, Budi Satria.

“Peluang Tabungan Felas di Batam sangat besar, karena produk ini sangat cocok bagi pengusaha di bidang ekspor impor yang membutuhkan dana valas yang cukup besar,” ujarnya.

Untuk menarik nasabah, Bank BTN menggelar Program BTN Felas Mania yang menawarkan hadiah langsung berupa cashback bagi 1000 nasabah Felas pertama. Program lainnya adalah Felas Lucky Trip yang berlangsung selama periode Juni 2018 hingga Mei 2019. Program ini memungkinkan nasabah mengumpulkan poin untuk meraih hadiah paket travel ke Jepang dan Eropa.

Seluruh promo ini diharapkan bisa membantu Bank BTN meraup rekening Tabungan BTN Felas sebanyak 50.000 rekening baru dengan nilai tabungan BTN Felas sekitar 2.028.800 Dolar Amerika dan sekitar 2.028.800 Dolar Singapura.

Ketua Asosiasi Pedagang Valas Indonesia Kota Batam, Amat Tantoso menyambut positif atas hadirnya tabungan BTN valas ini. Ia berharap ke depannya Bank BTN bisa melayani penukaran valas dengan harga bersaing.

Sambutan positif juga diutarakan Walikota Batam, Muhammad Rudi. Ia mengatakan Tabungan Felas Bank BTN ini bisa mempermudah warga yang biasa bepergian ke Singapura.

“Tadi saya tanya bisa tarik uang di luar tidak, katanya bisa. Jadi kalau ke Singapura, bawa ATM saja dari Bank BTN biar tidak banyak diperiksa,” tuturnya. (mcb)

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Bagi millennial travelers memang wajib singgah sebentar untuk menyempatkan jelajahi objek wisata yang tersebar di Kepulauan Riau (Kepri). “Welcome to Batam” di Bukit Clara, Batam Center salah satu spot ramai dikunjungi turis, karena cocok buat selfie.

Hal lain yang bisa diandalkan ketika berada di Pulau Batam ialah menjajal seperti halnya pribumi, caranya mengikuti kebiasaan kuliner di kedai kopi setiap sudut kota. Unsur kebersamaan semakin menambah hangat suasana, selain kopi harus mencoba teh O, teh obeng, teh tarik, yong tahu, nasi lemak, roti prata atau bubur ayam.

Wilayah Batam sangat kental dengan perairan, maka memanjakan diri bersama bahari adalah cara paling popular. Mengunjungi antarpulau bisa dilalui jembatan ikonik Barelang atau kapal kecil. Selain itu, Batam juga sangat bersahabat di kalangan shopaholic, tersedia pusat wisata belanja pernak-pernik hingga elektronik.

Masih berada di Kepri, Anambas dan kurang lebih 240 pulau lain merupakan surga pelancong. Betapa menawannya, sebab pesona pasir putih dikolaborasikan hamparan perairan yang jernih. Tak heran bila destinasi baru ini memiliki predikat tempat paling digemari pecinta traveling khusus diving, wisata pantai, snorkling atau sekadar memancing sembari olahraga.

Gugusan kepulauannya sebagai pesona tropis terindah sangat memanjakan mata yang konon dapat menghilangkan penat, karena memperlihatkan gradasi warna kehijauan dan biru.

Segera wujudkan mimpi ke sana, beragam objek telah membuai kawula pelancong. Saatnya berselancar di kedua wisata unggulan itu dengan akses mudah. Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group akan membuka layanan baru domestik yang menghubungkan Anambas dan Batam. Pengoperasian rute efektif dimulai 10 Agustus 2018.

Dalam mengakomodir layanan penerbangan yang mengedepankan faktor kenyamanan dan keselamatan, Wings Air menawarkan pilihan terbang tersendiri dengan turboprop tipe ATR 72-500/ 72-600. Armada ini mempunyai kemampuan angkut 72 kursi, semuanya kelas ekonomi. Pesawat yang diproduksi asal Prancis tersebut dibekali interior kabin terbaik dikelasnya, sehingga menjadikan perjalanan lebih nyaman.

Rute Batam – Anambas – Batam memiliki satu kali frekuensi terbang setiap Senin, Rabu dan Jumat. Wings Air akan menggunakan nomor IW1228, bertolak dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam Batu Besar (BTH) pukul 12.30 WIB, pesawat mendarat pada 13.35 WIB di Bandar Udara Letung, Jemaja (LMU). Untuk rute sebaliknya, tetap dilayani pada hari yang sama. Wings Air mengudara pukul 13.55 WIB dari Letung dengan nomor IW1229 dan akan tiba di Hang Nadim pukul 15.05 WIB.

Tahap awal dari pembukaan rute Batam ke Anambas pergi pulang (PP) yaitu tiga kali dalam sepekan. Wings Air akan terus melakukan pengkajian pasar, apabila market di rute ini tumbuh dengan pesat, akan berpeluang bagi Wings Air untuk meningkatkan jumlah frekuensi penerbangan.

Operations Director of Wings Air, Capt. Redi Irawan, mengungkapkan, “Rencana peresmian rute baru Batam menuju Letung di tahun ini sebagai bagian pengembangan usaha dalam memperkuat konektivitas domestik untuk layanan interdaerah atau antarkota.

Wings Air berkomitmen menyediakan kemudahan akses bagi pengguna jasa penerbangan dengan mengutamakan konsep saling terhubung yang praktis, mempersingkat waktu tempuh, lebih efektif dan efisien. Bagi masyarakat dan wisatawan yang berasal dari berbagai kota lain menuju Kepulauan Anambas dapat singgah terlebih dahulu di Batam.”

Wings Air melihat, Anambas melalui Letung adalah pintu gerbang distribusi barang. Wings Air berupaya dapat membantu dalam percepatan logistik, membuka keterisolasian, serta mendorong pertumbuhan perekonomian daerah.

Lebih lanjut menurut Capt. Redi, “Pembukaan rute ini juga memberikan keuntungan semakin mudah bagi penduduk Kepulauan Anambas untuk bepergian ke kota lain dengan transit di Hang Nadim seperti Jakarta, Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Tanjung Karang, Palembang, Jambi, Pangkalpinang, Bengkulu, Aceh, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Pontianak.

Kehadiran Wings Air di Anambas tetap diharapkan bisa mendongkrak segmen wisata dan bisnis, sejalan mendukung program pemerintah untuk mendatangkan wisatawan asing ke Indonesia serta menggeliatkan potensi tourism dalam negeri, karena daerah ini sebagai salah satu dari pengembangan kawasan ekonomi baru nasional.”

Sebagai informasi, perkembangan sektor pariwisata di Kepri menurut Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kepulauan Riau pada Juni 2018 mencapai 228.387, mengalami kenaikan 18,61% dibanding jumlah pada bulan sebelumnya yaitu 192.553 kunjungan. Jika dibandingkan dengan Juni 2017, wisman Juni 2018 naik 26,60%.

Hingga kini, Wings Air telah terbang ke 110 destinasi dalam dan luar negeri. Untuk layanan regional, sudah melayani ke Kuching, Miri, Malaka di Malaysia. Wings Air memiliki frekuensi yang mencapai lebih dari 350 penerbangan perhari dengan didukung 54 pesawat terbaru ATR 72-500/ 600.

Wings Air mengutamakan aspek keselamatan, keamanan serta kenyamanan penerbangan. Komitmen itu telah dibuktikan Wings Air dengan memperoleh sertifikasi manajemen keselamatan dan keamanan dari auditor tingkat internasional tertinggi yaitu IOSA (IATA Operational Safety Audit) yang telah terdaftar sejak akhir 2017. (rilis)

TIPS SEHAT

Selasa | 08 Mei 2018 | 22:46

Selain Sehatkan Mata, Ini Loh Manfaat Buah Melon Oranye

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Buah melon oranye yang manis renyah punya sejumlah nutrisi menyehatkan tubuh. Diantaranya memperlancar peredaran darah hingga mencerahkan kulit.

Buah melon tidak hanya berwarna hijau. Ada juga yang berwarna oranye. Buah melon berdaging oranye sering disebut muskmelon. Rasanya mirip dengan melon hijau biasa. Manis dan berdaging renyah. Apalagi buah ini mengandung banyak air. Sehingga sangat enak dimakan saat cuaca terik.

Selain manis renyah buah ini juga punya banyak manfaat bagi tubuh. Ini dia tujuh manfaat yang diberikan melon oranye.

1. Menyehatkan mata

Berdasarkan buku berjudul ‘Healing Foods’, warna oranye cerah yang ada pada muskmelon terbentuk karena adanya kandungan beta-karoten. Beta-karoten sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, buah ini juga mengandung zeaxanthin. Zeaxanthin senyawa yang bisa menjaga mata tetap sehat walau saat usia senja.

2. Tingkatkan kesehatan kulit

Melon oranye ternyata buah yang ajaib. Terlebih pada kulit Anda. Buah ini mengandung kolagen yang bisa mengencangkan jaringan kulit. Sehingga bisa cegah kulit kendor. Selain itu, vitamin C yang ada bisa mencerahkan kulit secara natural.

3. Tingkatkan daya tahan tubuh

Buah manis berwarna cerah ini bisa tingkatkan sistem imun tubuh. Sistem kekebalan tubuh meningkat berkat kandungan vitamin C yang ada. Selain itu, vitamin c bisa menstimulus produksi sel darah putih. Sel darah putih sendiri bisa melawan bakteri jahat, virus, dan zat beracun lainnya.

Vitamin lain yang ada pada buah ini adalah vitamin A. Gabungan antara vitamin A, beta-karoten, dan phytochemical yang ada bisa melawan radikal bebas.

4. Menghidrasi kulit

Buah ini cocok disantap saat cuaca terik. Karena punya kandungan air yang tinggi. Kandungan air pada buah ini sebesar 90%. Karenanya tubuh akan terhidrasi dengan baik setelah makan buah ini.

5. Bantu tumbuhkan rambut

tapi juga untuk kesehatan rambut. Vitamin ini bisa jadi fasilidator produksi sebum. Sebum merupakan sekresi kelenjar sebasea yang ada di bawah kulit kepala. Sehingga menjaga rambut sehat dan lembab.

6. Menstabilkan tekanan darah

Bagi penderita hipertensi, buah ini bisa jadi pilihan tepat untuk dikonsumsi. Buah lembut ini kaya akan potassium. Potassium bisa melemaskan pembuluh darah. Sehingga memperlancar aliran darah sekaligus menstabilkan tekanan darah.

7. Kaya nutrisi

Buah ini tidak hanya manis dan memperlancar tekanan dalam darah. Tapi mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Berdasarkan buku ‘Healing Food’, dalam seporsi, buah ini bisa mencukupi setengah dari kebutuhan vitamin C dan A harian. Vitamin C dan A sendiri punya banyak manfaat bagi tubuh. (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Singkawang – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang, Joko Suratmiarto mengingatkan bahwa gejala tertular rabies ini tidaklah tampak.

Ada proses waktu layaknya masa inkubasi virus jika ingin melihat efek virus pada manusia.

“Namun jika warga terkena gigitan anjing maka langsung diberikan vaksin sebanyak dua kali, kemudian tujuh hari setelah itu, kemudian 27 hari setelah vaksin pertama dilakukan,” katanya, Selasa, 27 Maret 2018

Selain manusianya, anjing yang menggigit warga itu pun harus dipantau selama 14 hari.

Jika selama 14 hari tidak menunjukkan gejala terserang rabies maka anjing itu kemungkinan besar bebas rabies termasuk manusia yang terkena gigitan anjing tersebut.

Dalam upaya pihaknya mencegah dan mengendalikan rabies ini, maka pihaknya mendirikan Rabies Center yang ada di UPT Kesehatan alias puskesmas yang ada di kota Singkawang.

“Selain penyuluhan kita juga sudah menyampaikan ke warga setiap kali penyuluhan jika ada anjing menggigit langsung bersihkan dengan air mengalir dengan menggunakan sabun, lalu berikan antispetik serta langsung ke puskesmas,” ungkapnya. (***)

sumber: tribunnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID – Seorang pria buta yang akrab disapa Tatay Arnel mencari nafkah dengan cara halal untuk menghidupi diri dan keluarganya.

Di tengah kondisinya yang sulit dan terbatas, Tatay Arnel memilih berjualan es krim untuk mendulang rezeki.

Namun Tatay Arnel tak sendiri ketika menjajakan es krimya.

Anak ini selalu menem,ani bapaknya berjualan es krim tanpa mengeluh (Istimewa)

Ia dibantu oleh anaknya yang berperan sebagai mata bagi Tatay Arnel yang buta.

Meski kondisi hidupnya sulit, Tatay Arnel dan anakya tak pernah mengeluh maupun menyerah menjalani kehidupan.

Viral di dunia maya

Dalam suatu kesempatan, Tatay Arnel menjual es krimnya di sebuah gang sempit.

Saat itu seseorang pelanggan merekam dan mewawancarainya.

Tatay Arnel pun mengungkapkan betapa sulit hidupnya dan menceritakan penyebab kenapa ia menjadi buta kepada pelanggan tersebut.

Rupanya, ia menjadi buta pada tahun 2000 ketika mereka mengetahui bahwa ia menderita glaukoma.

Pada saat itu, matanya bisa saja diselamatkan kalau saja mereka punya uang.

Hari ini, Tatay Arnel benar-benar buta, dan tidak bisa disembuhkan lagi dengan operasi.

Tapi berkat anaknya, dia bisa berjualan di jalanan tanpa khawatir akan bahaya persimpangan atau berjalan di jalanan yang ramai.

Berdasarkan wawancara pelanggan tersebut pula, diketahui jika Tatay Arnel dan istrinya memiliki enam orang anak.

Untuk itulah Tatay Arnel tidak ingin menyerah dalam hidup dan berjuang untuk menghidupi kelurga besarnya.

Diunggah oleh akun Facebook bernama Archel Novecio Reli, potret kehidupan Tatay Arnel ini sontak menyedot perhatian ribuan pasang mata di dunia maya.

Banyak netizen yang bersimpati dengannya.

Beberapa netizen bahkan memberikan donasi dalam bentuk uang dan barang kepada keluarga Tatau Arnel setelah melihat video tersebut. (***)

sumber: tribunnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Dolar Amerika Serikat (AS) beberapa hari terakhir mengalami penguatan terhadap sejumlah mata uang di negara lain. Hal ini disebabkan oleh data-data Amerika Serikat yang membaik dan spekulasi kenaikan suku bunga bank sentral AS The Federal Reserve.

Dari pantauan detikFinance di tempat penukaran uang PT Ayu Masagung Jakarta, sejumlah mata uang mengalami kenaikan.

Seperti Euro dijual seharga Rp 16.900 kemudian harga beli Rp 16.850. Kemudian Poundsterling harga jual tercatat Rp 19.095 dan harga beli Rp 19.045.

Lalu dolar Singapura harga jualnya tercatat Rp 10.450 dengan harga beli Rp 10.400.

“Memang semuanya dominan naik, karena rupiahnya lagi melemah,” kata salah satu petugas, Windy saat ditemui di Money Changer Ayu Masagung, Jakarta, Sabtu 3 Maret 2018

Menurut Windy kenaikan terjadi sejak Rabu 28 Februari 2018 namun penukar masih tampak sama seperti hari biasa sebelum ada kenaikkan.

“Kenaikan mulai kelihatan pada Rabu, tapi masyarakat yang tukar antreannya biasa saja. Sama seperti hari-hari biasa sebelum ada kenaikkan harga,” imbuh dia.

Windy menjelaskan, orang-orang tetap membeli dolar AS meskipun harganya tinggi. Menurut dia hal ini akibat kebutuhan masyarakat.

“Karena pasti butuh, jadinya harga tinggi ya mereka tetap beli,” ujar dia. (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Sukabumi – Anak domba berusia sepekan menghebohkan warga Kampung Rempakbitung, Kecamatan Kalibunder, Sukabumi, Jawa Barat. Domba betina berbulu putih itu dianggap aneh lantaran memiliki satu mata yang berada tepat di dahinya.

Masa hidup hewan tersebut tak bertahan lama. Tundi (35) merasa heran dengan kematian mendadak dombanya.

“Umurnya cuma satu minggu, matinya tadi pagi pas saya sedang nyabit rumput di kebun,” kata Tundi saat dihubungi detikcom via telepon, Kamis 8 Februari 2018.

Tundi mengaku kaget saat domba betinanya melahirkan seekor anak bermata satu. “Sempat senang juga karena unik. Warga kampung juga berdatangan melihat anak domba itu,” ujarnya.

Dia awalnya ingin memelihara domba uniknya itu hingga dewasa. Namun niatnya tersebut tak terwujud.

“Mau saya besarin tadinya, matinya enggak ketahuan kenapa. Mungkin kejepit kandang atau gimana saya enggak tahu pasti,” ucap Tundi.

Rizki Ilham, tetangga pemilik kambing, membenarkan informasi tersebut. Dia bahkan sempat mengambil gambar setelah domba bermata satu itu lahir.

“Unik, suaranya sama kayak domba lainnya, cuma matanya satu dan tepat di tengah-tengah dahi. Warga sini juga banyak yang melihat langsung. Tapi sayangnya sekarang sudah mati,” katanya.

Rizki sempat mengunggah foto-foto domba unik itu di media sosial. Unggahannya dikomentari oleh sejumlah warganet yang penasaran dengan wujud domba tersebut. (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Prilly Latuconsina kembali membintangi sekuel film horor berjudul ‘Danur 2: Maddah’. Sukses memerankan Risa dalam ‘Danur: I Can See Ghost’, Prilly Latuconsina justru membiarkan mata batinnya terus terbuka.

Saat itu untuk kebutuhan syuting, mata batin Prilly Latuconsina dibuka oleh Risa Saraswati. Kini, meski bisa melihat makhluk halus Prilly mengaku tak bisa seperti Risa Saraswati yang dapat berinteraksi secara langsung.

“Pertama, pas aku lagi adegan yang aku paling suka, adegan paling serem menurut aku. Aku ngerasa kayak nggak mau nengok tapi kok kayak ada yang lihatin terus. Setelah aku ngelakuin adegan itu, badan aku sakit kayak habis lama nggak olahraga terus tiba-tiba olahraga.

Terus tiba-tiba Kak Risa nge-WhatsApp aku bilang, ‘Pril, kamu ngerasa nggak dia datang, soalnya aku nyuruh dia datang’,” cerita Prilly saat menggelar jumpa pers ‘Danur 2 Maddah’ di MD Place, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa 6 Februari 2018.

“Hah, aduh kak please dong, pantesan badan aku sakit semua kayak habis olahraga,” lanjutnya.

Kejadian kedua yang dialami Prilly Latuconsina selama menjalani syuting film horornya itu adalah saat dirinya membuka gorden. Saat itu dirinya dikejutkan dengan adanya bayangan.

“Tapi anehnya bayangan ini semua orang lihat. Jadi dikirain kru itu adalah bayangan orang, ‘Wei siapa tuh? Bocor, bocor!’ pas dilihat, nggak ada, nggak ada refleksi siapa-siapa,” katanya.

Dengan sangat percaya diri, Prilly Latuconsina mengaku diirnya bukan tipikal perempuan yang penakut. Kepercayaannya dengan adanya makhluk gaib, membuat Prilly hanya merasa kaget sesaat.

Meski begitu, kekasih Maxime Boutier itu mengatakan hidupnya menjadi tidak tenang. Padahal dirinya sudah diperingati oleh Risa Saraswati melihat hantu tidaklah mudah.

“Nggak tenang sama sekali. Ada satu kejadian yang bikin saya nggak pernah mau sarapan di rumah saya. Karena kan saya bangun selalu subuh dan makan selalu subuh, karena kan kuliah juga kan.

Semenjak saat itu, saya enggak mau sarapan lagi pas subuh-subuh, karena lihat sesuatu pas lagi makan. Jadi, ada beberapa kejadian yang bikin saya nggak mau ngelakuin itu lagi,” ungkap Prilly Latuconsina. (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID – Seorang ibu tega meninggalkan bayinya kelaparan hingga mati.

Wanita ini memilih untuk pergi selama satu minggu untuk berpesta dengan teman-temannya.

Egor, nama bayi malang tersebut ditemukan kurus kering.

Hanya terlihat tulang yang ditutupi kulit halusnya. Matanya masih terbuka.

Wanita yang tega meninggalkan bayinya itu adalah gadis berusia 17 tahun bernama Viktoria Kuznetsova.

Wanita asal asal Rostov, utara Rusia ini ternyata memang sengaja meninggalkan bayinya.

Dalam waktu seminggu berpesta dengan temannya di asrama sekolah, ternyata Kuznetsova pernah kembali satu kali ke rumahnya.

Bukan mengurus bayinya, ia malah memberikan air untuk anjingnya.

Sementara bayinya dibiarkan kelaparan.

Berdasarkan laporan, ia mengaku kepada temannya, bayinya sedang bersama tantenya.

Ia bahkan memosting foto di sosial media ketika berkumpul dengan temannya dengan menuliskan ‘Nastya’.

Fakta ini terungkap di pengadilan, hakim mengungkapkan bayi menderita dehidrasi dan kelaparan.

“Ketika bayinya ditemukan di rumahnya, bayi itu sudah mati. Meski matanya masih terbuka lebar”, kata hakim.

“Berdasarkan tim investigasi, bayi ditemukan hanya tinggal tulang dan kulit”.

“Autopsi menunjukkan organ bayi tak berfungsi karena kekurangan makanan dan air”.

Penemuan bayi tersebut karena kekhawatiran tetangganya yang tak melihat Kuznetsova dan bayinya selama seminggu.

Mereka kemudian memanggil pihak kepolisian, seperti diberikan news channel NTV.

Kuznetsova saat ini tinggal bersama dengan bayinya di sebuah rumah, sementara suaminya sedang melakukan wajib militer.

Dalam sidang putusan tersebut, dia divonis enam tahun enam bulan kurungan atas pembunuhan bayinya yang berusia 9 bulan.

Mendengat vonis tersebut, Kuznetsova tak bereaksi sama sekali.

Pengakuan mengejutkan dilontarkannya kepada pihak kepolisian.

Ketika bayinya berusia satu tahun, ia pernah memberikannya ke panti asuhan.

Tapi kemudian bayinya dikembalikan lagi, seperti dilansir mirror. (***)

sumber: tribunnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Blora – Muhaimin (39), warga Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, tak kuasa menahan air matanya saat mengadu ke kantor Sekretariat Dewan Pendidikan Kabupaten Blora, Rabu 24 Januari 2018.

Sebagai wali murid, tukang becak itu mengaku keberatan dengan beban biaya yang harus ia tanggung untuk membayar iuran pengadaan komputer sebagai fasilitas penunjang Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMP Negeri 5 Blora.

“Jujur saya sangat kelimpungan setelah anak saya meminta uang Rp 300.000 untuk iuran itu. Utang sana sini tidak dapat hasil padahal paling lambat Februari. Berapa sih penghasilan tukang becak seperti saya di zaman modern ini? Bisa makan saja, kami sudah bersyukur,” kata Muhaimin sambil menitikkan air mata.

Muhaimin sendiri tak menyangka bahwa ternyata membutuhkan biaya yang tinggi untuk menyekolahkan anak semata wayangnya itu di sekolah milik pemerintah. Semula, ia berharap besar akan memperoleh keringanan biaya menyusul anaknya itu termasuk siswi yang berprestasi.

“Sering diminta harus bayar sumbangan ini itu sejak awal meski akhirnya bisa terbayar setelah berutang. Saya sendiri kasihan sama anak saya karena permintaan iuran komputer belum bisa saya penuhi. Anak saya itu cerdas, sejak kelas 7 hingga 9 selalu masuk rangking sepuluh besar. Tidak usah disebut siapa identitas anak saya,” katanya.

Tidak hanya Muhaimin, wali murid lainnya mengeluhkan hal yang sama ke Sekretariat Dewan Pendidikan Kabupaten Blora. Seorang wali murid SMPN 5 Blora lainnya, Sugianto (59) mengaku kecewa dengan keputusan pihak sekolah yang meminta uang sumbangan Rp 300.000 kepada siswa untuk keperluan membeli peralatan komputer di sekolah.

Tak punya pilihan lain, pekerja bangunan itu akhirnya melunasinya dengan menggunakan dana manfaat Program Indonesia Pintar (PIP).

“Saya sangat keberatan. Seharusnya uang sebanyak itu dibebankan kepada orangtua yang mampu. Saya pun akhirnya bayar dengan dana PIP. Uang dari pemerintah itu kembali saya setorkan kepada sekolah untuk membeli komputer,” terang Sugianto, duda enam anak itu.

Sementara itu, wali murid SMPN 5 Blora lainnya yang juga ikut mengadu ke Dewan Pendidikan, Muryono (45), menilai bahwa keputusan pihak sekolah tersebut nyata telah mempersulit para orangtua siswa dengan kondisi perekonomian yang pas-pasan.

“Saya hanya penjual bakso keliling dengan anak empat yang semuanya sekolah. Sehari bisa kantongi Rp 50.000 saja sudah alhamdulilah. Uang darimana lagi ini untuk bayar iuran komputer Rp 300.000. Jelas berat,” tegas warga Kecamatan Blora ini.

Menurut Muryono, akibat belum juga membayar iuran komputer, anaknya justru dipermalukan oleh pihak sekolah di depan rekan-rekan sekelasnya.

“Saat pelajaran, tiba-tiba kepala sekolah masuk kelas dan langsung mengkonfirmasi kepada anak saya perihal iuran itu. Seharusnya jangan seperti itu, kasihan anak saya, dia kan jadi beban mental,” kata Muryono.

Disampaikan Muryono, beban iuran yang harus ditanggung wali murid SMPN 5 Blora tidak hanya sekali ini saja. Sebelumnya, Muryono mengaku juga pernah ditarik iuran untuk kepentingan lain.

“Dari kelas 7 sampai kelas 9 sudah beberapa kali ditarik iuran. Seperti membeli LCD ditarik Rp 200.000 dan ditarik Rp 100.000 untuk pembangunan ruang kelas baru. Karena saat itu belum bayar uang pembangunan kelas baru, anak saya dan yang belum bayar dipanggil. Saat itu suruh segera bayar atau tak dapat kelas,” katanya.

Dugaan pungli

Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Blora, Singgih Hartono, mengatakan, iuran pembelian komputer yang dibebankan kepada wali murid SMPN 5 Blora dan SMPN lainnya di Blora telah melanggar Undang-undang Pendidikan Nasional yang diimplementasikan ke Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 tahun 2016.

“Dengan dalih menunjang UNBK, sebanyak 600-an siswa kelas 7, 8 dan 9 di SMPN 5 Blora diminta iuran Rp 300.000 guna membeli komputer. Penarikan sejumlah uang di luar ketentuan, namanya pungutan liar atau pungli. Ini merusak program nawacita Presiden Joko Widodo tentang pendanaan dan penyelenggaraan pendidikan,” tegasnya.

Singgih sangat menyayangkan pihak sekolah yang meminta wali murid untuk membayar iuran komputer. Terlebih lagi, sambung dia, Pemerintah Kabupaten Blora telah menganggarkan sejumlah dana untuk pembelian komputer pada tahun 2018.

“Jangan main-main lho, anggaran untuk komputer itu sudah ada. Tahun 2018 sudah dianggarkan sebanyak 5,6 miliar untuk sekolah negeri. Aduan sumbangan komputer oleh wali murid tidak hanya di SMPN 5 Blora saja, tapi hampir seluruh SMPN di Blora. Mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 400.000,” katanya.

” Pungli itu tidak dibenarkan. Jadi kami minta uang yang sudah ditarik dikembalikan. Saya menduga ini seperti dijadikan momentum untuk mengambil keuntungan. Siapa kordinatornya, belanja komputernya di mana dan spesifikasinya seperti apa harus dimonitor,” sambungnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Achmad Wardoyo, mengatakan, pihaknya berjanji akan segera melakukan klarifikasi terkait adanya permintaan sumbangan pengadaan komputer sebagai fasilitas penunjang UNBK di sejumlah SMPN di Kabupaten Blora.

“Kami akan klarifikasi ke sejumlah SMPN di Blora. Jika nominalnya sama semua jelas itu tidak sumbangan namanya dan tidak boleh itu. Jika terbukti bersalah, jelas ada sanksinya, tergantung Pak Bupati,” katanya.

Wakil Bupati Blora, Arif Rohman membenarkan bahwa pada tahun 2018, Pemkab Blora telah menganggarkan Rp 5,6 miliar untuk pengadaan komputer di sekolah negeri. Langkah itu sebagai upaya untuk mengoptimalkan pengadaan komputer di setiap sekolah sebagai penunjang UNBK.

“UNBK di Blora sudah diterapkan tahun lalu. Namun tidak semua sekolah mampu menggelar itu sehingga harus menginduk ke sekolah berfasilitas komputer. Tahun 2018 dianggarkan Rp 5,6 miliar,” kata Arif.

Meski demikian, anggaran sebesar itu dinilai masih belum cukup untuk melengkapi komputer sebagai faslitas penunjang UNBK di seluruh sekolah.

“Karena kekurangan itu kemungkinan setiap sekolah meminta sumbangan sukarela dari para wali murid melalui rapat komite. Hanya saja perlu diingat, sukarela jangan ada paksaan atau dipukul rata, karena kemampuan wali murid berbeda-beda. Kami akan kroscek hal ini,” tegasnya.

Sumbangan sukarela

Dikonfirmasi terpisah, Kepala SMPN 5 Blora, Fitrotun Khasanah mengatakan, pada akhir Desember lalu pihaknya melalui komite sekolah sudah menggelar rapat pembahasan bersama wali murid terkait pelaksanaan UNBK 2018.

Dalam pembahasan itu didiskusikan apakah wali murid sepakat jika dalam pelaksanaan UNBK nantinya, para siswa SMPN 5 Blora masih menginduk di SMK 2 Muhammadiyah Blora.

“Dan disepakati pengadaan komputer untuk penunjang UNBK. Sepenuhnya sudah kami serahkan kepada pihak komite sekolah. Yang jelas sumbangan tanpa ada unsur paksaan, tergantung kemampuan masing-masing wali murid. Tidak diwajibkan harus sekian nominalnya,” katanya.

Ketua Komite Sekolah SMPN 5 Blora, Sukamto, membenarkan hasil rapat pembahasan UNBK 2018 bersama dengan wali murid telah menyepakati untuk merealisasikan pengadaan komputer baru seharga Rp 3 juta per unit.

“Wali murid tak mau menginduk ke sekolah lain saat UNBK nanti. Ya risikonya harus beli dan itupun wali murid tak ingin komputer bekas. Wali murid ingin komputer baru dengan harga Rp 3 juta. Total 600-an murid, jadi kira-kira sumbangan sukarela untuk pengadaan komputer Rp 300.000. Itupun sifatnya sukarela, kalau mampu nyumbang silakan, kalau tidak ya tidak apa-apa,” pungkasnya.

Sementara itu, pihak SMPN 2 Blora juga menepis telah meminta secara paksa sumbangan untuk pengadaan komputer penunjang UNBK. Hasil rapat komite telah disepakati bersama untuk pengadaan 40 unit komputer baru dengan spesifikasi harga Rp 2 juta per unit.

“Semua telah melalui rapat komite dengan wali murid. Ada 900 murid di sini dan disepakati sumbangan maksimal Rp 40.000. Itupun untuk siswa tidak mampu tidak diperkenankan menyumbang. Sifatnya sukarela,” kata seorang guru SMPN 2 Blora.

Jangan bebani wali murid

Plt Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Jawa Tengah, Sabarudin Hulu menjelaskan, larangan pungutan uang dalam penyelenggaraan UNBK sudah tertuang di dalam Surat Edaran Mendikbud No.1356/H/TU/2016 tentang Larangan Pungutan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer yang terbit pada 5 Februari 2016.

“Di situ sudah dijelaskan semua aturannya,” ujar Sabarudin.

Sabarudin menilai, pungutan sumbangan untuk pengadaan komputer penunjang UNBK SMPN di Blora adalah perbuatan melanggar hukum yang telah dilakukan oleh pihak sekolah ataupun komite.

“Sehingga bisa mengarah dan berpotensi untuk melakukan praktik pungli. Kenapa saya katakan begitu, karena sudah jelas tertulis pada surat edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Artinya pihak sekolah mengabaikan surat edaran tersebut,” tegasnya.

“Kami minta pihak berkompeten termasuk Inspektorat Kabupaten Blora untuk segera menelusuri dan melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan akan terlihat pelanggarannya, apakah pidana umum, korupsi atau penyalahgunaan wewenang. Kami akan koordinasikan hal ini,” sambungnya.

Dijelaskan Sabarudin, dalam surat edaran Mendikbud menyatakan bahwa sekolah calon penyelenggara UNBK dilarang memberatkan atau membebani orangtua siswa dengan pungutan dan sebagainya untuk membeli atau menyewa komputer demi pelaksanaan UNBK.

“Sukarela atau sumbangan janganlah dijadikan alasan, apalagi sudah dianggarkan oleh APBD. Kalau memang anggarannya tidak cukup, tetap tidak boleh membebankan kepada wali murid. Harapannya UNBK bisa dilakukan bersama, namun harus mengukur kemampuan, jika sekolah belum siap tidak usah dilaksanakan,” tegasnya. (***)

sumber: kompas.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa sebagai otoritas sistem pembayaran, BI melarang seluruh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) untuk memproses transaksi pembayaran dengan mata uang virtual (virtual currency). Hal yang sama juga berlaku bagi penyelenggara technology financial (fintech) di Indonesia baik bank dan lembaga selain bank.

Ini juga berlaku bagi penyedia prinsipal, penyelenggara switching, penyelenggara kliring, penyelenggara penyelesaian akhir, penerbit, acquirer, payment gateway, penyelenggara dompet elektronik, penyelenggara transfer dana sebagaimana diatur dalam PBI 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran dan dalam PBI 19/12/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial.

“Bank Indonesia sebagai otoritas di bidang Moneter, Stabilitas Sistem Keuangan dan Sistem Pembayaran senantiasa berkomitmen menjaga stabilitas sistem keuangan, perlindungan konsumen dan mencegah praktik-praktik pencucian uang dan pendanaan terorisme,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu, 13 Januari 2018.

Bank sentral memperingatkan kepada seluruh pihak agar tidak menjual, membeli atau memperdagangkan virtual currency?????. BI menegaskan bahwa virtual currency termasuk bitcoin tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah, sehingga dilarang digunakan sebagai alat pembayaran di Indonesia.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang yang menyatakan bahwa mata uang adalah uang yang dikeluarkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran, atau kewajiban lain yang harus dipenuhi dengan uang, atau transaksi keuangan lainnya yang dilakukan di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib menggunakan Rupiah.

“Pemilikan virtual currency sangat berisiko dan sarat akan spekulasi karena tidak ada otoritas yang bertanggung jawab, tidak terdapat administrator resmi, tidak terdapat underlying asset yang mendasari harga virtual currency,” jelas dia.

Selain itu, nilai perdagangan sangat fluktuatif sehingga rentan terhadap risiko penggelembungan (bubble) serta rawan digunakan sebagai sarana pencucian uang dan pendanaan terorisme, sehingga dapat mempengaruhi kestabilan sistem keuangan dan merugikan masyarakat. Oleh karena itu, bank memperingatkan kepada seluruh pihak agar tidak bertransaksi dengan virtual currency. (***)

sumber: metrotvnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, – Penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja, penyebabnya pun juga beragam.
Salah satu yang harus diwaspadai adalah diabetes mata.

Salah satu yang umum terjadi adalah diabetes retinopati, yaitu diabetes yang menyerang area mata khususnya pembuluh darah di area retina mata.

Penyakit ini sangat berbahaya, karena jika tidak ditangani dapat menyebabkan kebutaan.

Diabetes retinopati bisa menyerang siapa pun, baik pria atau wanita.

Terutama untuk orang yang pernah menderita diabetes tipe satu atau diabetes tipe dua.

Riset menunjukkan, 40 sampai 45 persen warga Amerika Serikat tidak sepenuhnya menyadari dirinya terkena penyakit ini.

Namun, ternyata ibu hamil lebih berisiko menderita diabetes mata.

Ditambah lagi jika ibu sudah mengidap diabetes sebelum hamil, maka risiko untuk terkena diabetes mata kian meningkat.

American Diabetes Association (ADA) menyebutkan, bahwa risiko paling besar mengintai perempuan yang sudah mengidap diabetes tipe satu cukup lama.

Namun, perempuan dengan kadar gula darah yang kurang baik sebelum hamil juga sangat berisiko untuk terkena diabetes retinopati.

Sebenarnya, penyakit diabetes mata memiliki gejala namun gejala itu tidak terlihat pada fase awal.

American Academy of Ophthalmology (AAO) menjelaskan gejala apa saja yang dapat terlihat jika kondisi diabetes pada mata mulai memburuk;

1. Air mata sering keluar tanpa sebab, dengan jumlah yang tidak normal

2. Pandangan menjadi kabur

3. Penglihatan sering berubah dari buram tiba-tiba menjadi jernih

4. Area kosong atau gelap di penglihatan

5. Penglihatan memburuk pada malam hari

6. Hilangnya penglihatan

Diabetes mata biasanya mempengaruhi kedua mata, dan sangat mungkin memburuk ketika Moms sedang hamil.

Jadi, jika sedang hamil dan mengalami ciri diatas segera hubungi dokter mata untuk tindakan lebih lanjut. (***)

sumber: tribunnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Purwakarta – Idw (16), seorang siswi di Kabupaten Purwakarta ini harus merelakan mata kanannya yang nyaris tidak bisa melihat.

Hal yang harus diterimanya ini karena mantan pacarnya berinisial A alias R alias O menyiramkan suatu cairan ke mukanya di Jalan Kapten Halim Purwakarta, Rabu, 6 Desember 2017 lalu.

Akhirnya, orang tua siswi ini membawa perempuan asal Kelurahan Nagri Kidul Kecamatan Purwakarta Kota berobat.

“Hubungan sudah satu tahun, kayanya enggak terima diputuskan. Tiba-tiba ketemu dijalan dan siram ke wajah,” ujar Idw.‎

Tidak terima dengan perlakuan ini, keluarga korban melaporkan kejadian ini ke Polres Purwakarta. Menerima laporan, polisi melakukan pengejaran.

Paska kejadian itu, pelaku tidak pulang ke rumah. Ia selalu berpindah-pindah untuk menghindar dari penangkapan. Sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga, begitulah yang dialami pelaku.

“Sudah ditangkap, terduga pelaku berinisial A alias R alias O. Dia ditangkap di Kecamatan Jatiluhur tadi malam,” ujar Kapolres Purwakarta AKBP Dedy Tabrani melalui Kasatreskrim Polres Purwakarta AKP Agta Bhuwana Putra kepada wartawan, Kamis, 14 Desember 2017. (***)

sumber: tribunnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, – Jargon “the power of emak-emak” memang benar terbukti adanya.
Emak-emak memang selalu tampak menang dan hebat dalam segala hal.
Baik hal yang wajar hingga yang melanggar sekalipun.

Emak-emak itu tak mau ditilang dan tak bersedia tunjukkan surat kendaraan saat polisi melakukan operasi razia.

Nah, kali ini malah ada emak-emak yang dengan tenangnya memberi makan hewan buas dan liar, buaya.

Kejadian ini diketahui terjadi di Kalimantan.

Sebaiknya kamu percaya, karena kejadian ini ditayangkan secara langsung melalui live Facebook.

Video live Facebook seorang ibu yang memberi makan buaya ini direkam oleh pengguna Facebook bernama Zblind Virgo.

Zblind Virgo melakukan live Facebook tersebut pada Jumat ! november 2017.

Baru sehari berselang video tersebut telah dilihat lebih dati 1,5 juta kali.
Bahkan sudah ada lebih dari 20 ribu like, 15 ribu share dan 3 ribu komentar.
Zblind Virgo mengaku merekam sendiri emak-emak itu memberi makan buaya.

Sebenarnya saat itu emak-emak tersebut sedang mencuci tiram di pinggir sungai.
Dari dalam perairan muncul seekor buaya yang lalu mendekati emak-emak sedang mencuci tiram tersebut.

Zblind Virgo mengatakan kejadian ini terjadi di Guntung, Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

“Di Kalimantan??Uji nyali superkerenn” tanya Alit Elang Raung.
“Tepatx di daerah guntung.. Hehe” jawab Zblind Virgo.

Namun buaya itu hanya mendekat dan tidak menyerang.

Tiba-tiba si ibu ini malah memberikan sepotong tiram kepada buaya dengan melemparnya ke air.
Buaya itu langsung memakannya.
Tak berhenti sampai di sana, ibu ini juga menyiram buaya itu dengan air.

Sambil menyuci tiram sesekali ibu ini menyiram buaya tersebut dan memberikan sepotong tiramnya lagi.

Tak tampak sedikitpun rasa takut pada ibu itu.
Bahkan terdengar di video itu ada suara anak kecil.

Seorang netizen berkomentar, “Hahaha lucu bgt..aligator di semprot pake selang, Itu binatang buas maak”

Zblind Virgo lalu menjawab “Pengen dimandiin dia.”

Berdasarkan penjelasan Zblind Virgo yang menjawab pertanyaan netizen buaya itu memang sudah biasa dengan manusia di sana.

Meskipun bahaya tapi orang-orang di sekitar lokasi sudah terbiasa dengan keberadaan buaya tersebut.

Netizen yang menyaksikan video live Facebook ini lantas berkomentar.

“Mbayangin kalo aku, lewat situ terus kejegur” tulis Mahmudi Ali.

“Temptnya kan licin, gk tkut jtuh iyaa” tulis Elis Nuryeni Prasetyo.

“Widiwwww….menyeramkan…tapi salut sama mama zaman now itu…canggihnya mama ini…” tulis Sithi Akartiah.

“Ini yang namanya maut didepan mata..pleset kelar idop looo hahahahahaha” tulis Apri Youman. (***)

 

sumber: tribunnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Pelaihari – Sudah lebih dua pekan, warga Gang Janda Jalan Saripul RT 7 Desa Kurau Utara, digegerkan penampakan hantu mata merah. Setiap kali muncul, hantu yang selalu berubah wujud itu meninggalkan dua tanda, bekas jejak dan cakar di dinding.

Dua tanda keberadaan hantu itu ada di rumah Ramzi, warga RT 7 Desa Kurau Utara.

“Ada bekas jejak dan cakar di dinding rumah saya,” kata Ramzi, yang ditemui di rumahnya yang terbuat dari kayu, Selasa 24 oktober 2017

Setelah adanya tanda itu, Ramzi dan bersama warga setiap malam melakukan ronda, dari malam hingga terbit matahari. “Hantu itu muncul dari malam hari hingga dini hari,” ujarnya.

Takut terjadi apa-apa pada keluarganya, Ramzi mengumpulkan tujuh anak perempuan yang masih sekolah di kamar khusus.

“Saya takut hantu itu mengincar anak saya. Saya pernah melihat hantu itu dari kejauhan. Cuma lihat matanya saja, matanya merah,” ujarnya.

Selain menempatkan anak perempuan dalam kamar khusus, Ramzi juga menjadikan rumahnya sebagai posko ronda malam.

Setiap ronda malam, Ramzi dan tetangganya berjaga di sekitar persawahan.

Selebihnya berkeliling hingga ke wilayah RT tetangga.

“Akibat dari penampakan hantu ini kami tidak mencari ikan di laut. Kaum perempuan takut kami tinggal,” ujarnya.

Seorang warga, Udin, mengaku setiap malam ikut ronda malam. Dia ingin membuktikan hantu penampakan itu.

“Hingga malam ini, saya tidak pernah melihat hantu penampakan itu. Dari dua puluh warga yang ronda malam, juga tidak yang melihat. Paling dua atau tiga orang yang melihat kelebatan melintas,” ujarnya.

Kabar adanya hantu di Gang Janda ini sudah beredar ke tempat-tempat lainnya.

Akibatnya banyak orang berdatangan ke Gang Janda, khususnya pada malam hari.

Mereka ingin melihat hantu penampakan tersebut. Keberadaan warga ini membawa rezeki bagi warga yang berada di sekitar Gang Janda.

Nurhayati misalnya, awalnya tidak berani berdagang hingga malam hari, kini warungnya buka hingga pagi hari. “Lumayan ada yang beli mi goreng, karena lapar menunggu penampakan,” ujarnya. (***)

EKONOMI

Senin | 25 September 2017 | 10:49

Mata uang Garuda semakin perkasa

MEDIAKEPRI.CO.ID,Jakarta – Nilai tukar rupiah menguat dalam dua hari setelah Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga 7-day reverse repo rate (7DRR) Kamis lalu. Di pasar spot, nilai tukar rupiah menguat 0,04% ke level Rp 13.306 terhadap dollar Amerika Serikat (AS) pada Senin 25 September 2017 dari posisi akhir pekan lalu Rp 13.312.

Sejalan, kurs tengah BI menunjukkan penguatan 0,15% rupiah ke level Rp 13.305 per dollar AS ketimbang posisi akhir pekan lalu Rp 13.325 per dollar AS.

Penguatan rupiah ini belum mencapai level terbaik sepanjang tahun. Di pasar spot, titik terkuat rupiah berada pada Rp 13.156 per dollar AS pada 11 September lalu. Ini adalah posisi terkuat rupiah sejak akhir September 2016.

Meski pasar saham koreksi, aliran dana diperkirakan masuk ke instrumen pendapatan tetap, terutama surat utang negara (SUN). Penurunan suku bunga berpeluang turut menurunkan imbal hasil SUN dan menaikkan harga. Alhasil, investor berburu SUN ketika posisi yield masih lebih tinggi.

Sumber : Kontan