Minggu | 15 September 2019 |
×

Pencarian

NEWS

UGM Beri Kuliah Gratis Bagi Peternak

Minggu | 17 September 2017 | 12:00
MEDIAKEPRI.CO.ID – Jogja. Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan kuliah gratis bagi ratusan peternak dari seluruh Indonesia. Untuk membekali peternak dengan disiplin ilmu dan teknologi yang terkait dengan pengembangan sektor peternakan dan turunannya.

“Dalam rangka membantu petani mengembangkan pertanian khususnya peternakan, Fakultas Peternakan UGM menyelenggarakan kuliah gratis ‘Bagimu Petani Kami Mengabdi’,” kata Dekan Fapet UGM Prof. Ali Agus dalam keterangannya, Minggu 17 September 2017

Kegiatan tersebut juga ditujukan sebagai wadah transfer ilmu teknologi dan forum bagi petani untuk mengembangkan jejaring dalam mengembangkan usahanya.

Menurut Prof. Ali, sekitar 50 persen masyarakat Indonesia berprofesi sebagai petani. Karena itu, petani lebih baik jika dekat dengan sumber ilmu.

“Tanpa ilmu pengetahuan, usaha yang dijalankan oleh peternak tidak akan berkembang,” ujarnya.

Dia menelaskan, peluang usaha di bidang peternakan sangat besar. Apalagi jumlah penduduk Indonesia terus meningkat, sehingga kualitas makanan yang dikonsumsi pun akan meningkat.

“Peluang bisnis peternakan ada banyak sekali, apalagi jumlah penduduk semakin meningkat. Dengan meningkatnya pendapatan penduduk, kualitas makanan yang dikonsumsi pun meningkat. Masyarakat lebih memilih makanan yang berkualitas tinggi misalnya daging dan susu. Ini tugas kita untuk menyediakan,” terang Prof. Ali.

Selain itu, Fapet UGM juga telah mengembangkan berbagi produk, misalnya ayam kampus (ayam kampung sudah persilangan), Sapi Gama Blue (sapi berotot ganda), yogurt, susu, dan berbagi produk lainnya.

“Harapan kami, dengan mengikuti perkuliahan gratis ini, para peternak di seluruh Indonesia dapat meningkatkan kualitas usahanya, baik yang langsung terkait dengan ternak maupun turunannya, seperti pengembangan baso sapi yang enak namun juga bergizi tinggi, dan produk-produk lainnya,” demikian Prof.

Sumber : RMOL.CO

Editor :